Easy Cooking : Nasi Panggang Brokoli Peperoni

Nah ini malah sebenernya cuma pake semua bahan yang ada di kulkas, terus tonce minta nasi ini lagi buat makan siang hari ini, dia beli brokoli dan peperoni ( horee di rantau udah ada yang jualan peperoni ), aslinya kemarin masak, isinya bener2 cuman yang ada di kulkas aja : baso ikan, kani roll, kacang polong, keju,mayonaise, macaroni, dan nasi putih 2 hari lalu. Telur aja ga ada, saking belom belanja dan memang lagi bikin tonce puasa telur, bisulan lagi ntar :p

Bahan untuk 2 porsi :
3 sendok nasi Nasi
Macaroni , direbus, tiriskan ( mgkn sekitar 50 gram ya, cuma ngabisin sisa bikin makaroni pangang soalnya )
Brokoli sesuai selera ( rendem air garam dulu )
8 helai Peperoni
6 pcs Baso ikan ( sisa yang ada hahaha )
3 pcs Kani roll , potong potong
3 siung bawang putih, cincang
Unsalted butter / olive oil utk menumis ( pake butter elle vire sih lebih mengugah wanginya )
Keju Cheddar Easy Melt 1/4 pack yang paling kecil, parut ato potong kecil kecil supaya lebih berasa
3 sdm Mayonaise Thousand island
4 sdm Mayonaise Blue Cheese

Cara membuat :
Panaskan butter, tumis bawang putih hingga wangi. Kemudian brokoli sampai agak layu, baso ikan, kani roll.
Masukan macaroni, aduk-aduk, nasi aduk-aduk. Tambahkan mayonaise, aduk rata.
Masukan keju sebagian, aduk rata sampai keju lumer. Matikan kompor.
Tuang ke dalam mangkok tahan panas/ oven
Tabur keju di atasnya ( lebih mantep kalo pake keju mozzarella )
Susun peperoni. Kemudian panggang di Oven suhu 120 celcius, selama kurleb 5-10 menit.

Advertisements

Easy Cooking : Crabby Misua

Hari ini udah beres kerjaan semua, pembukuan beres, ga tau mau  ngapain, baru inget, ada foto-foto masakan super gampang yang belom di keep disini * kaya penting aja hahaha

Next adalah Crabby misua, alias misua isi kepiting.
Bahannya asal nyemplung yang ada di rumah aja, ini sih tonce yang masak hahaha aseli masakan gampang bener. Serasa bikin mie instan :p

Bahan :
2 genggam misua ( per porsi )
Air untuk merebus
Kaldu ayam kampung atau bisa juga biasa kita pake kaldu ayam Wei Wang, gak begitu berasa micin banget. atau kaldu bubuk jamur juga enak. Abis makan ga berasa haus bener.
Minyak wijen secukupnya.
1 Telur ayam ( per porsi )
Kani roll ato crab stick sesuai selera.

Cara membuat :
panci pertama : Rebus air hingga mendidih, cemplung misua, jangan terlalu lama, sampai lemesnya pas aja. celup kani roll. kalo crab stik di rebus bentar ga masalah 🙂
panci kedua : Rebus air + kaldu sampai mendidih. kocok telur. Tuang telur kedalam kuah sambil kuah di aduk sedikit.
Siram misua dan kani roll dengan kuah telur. tambahkan minyak wijen sesuai selera.

Disantap hangat hangat pas ujan malem-malem 😀

Kalo resep nyokap, pake sayur oyong.
tumis bawang putih , bawang merah kalo suka, + sayur oyong yang udah di potong potong + telur sampe matang, garam?kecap asin + merica secukupnya, siram air aqua, didihkan, cemplungin misua kering, masak hingga misau lemes didihkan sebentar. Menu Sarapan WAJIB kalo ada yang ulang tahun di rumah hehehe.

Easy Cooking : Kuah Baso Ikan

ini adalah resep super ga penting hahahhaaa
Anak SD juga bisa bikin :p

Bahan :
2 siung bawang putih, cincang
8 buah baso ikan ( me penggemar Bernardi )
1 buah wortel besar, potong potong sesuai selera
sayur pok choy / sawi secukupnya
1 potong Lotus root 15-20cm, serut kulitnya, rendam air garem sebentar / bilas air garam, iris-iris 0.5cm kira2
Kaldu ayam secukupnya + air sesuai selera
2 sdm minyak wijen

Cara memasak :
Tumis bawang putih dengan minyak goreng ( kalo me pake olive oil 2 sdm ) sampe wangi dan aga coklat, tiriskan ke mangkuk kecil, campur dengan minyak wijen.
Rebus air+kaldu ayam sampai agak mendidih, cemplung wortel dan lotus root kira-kira sampai mendidih.
Cemplung baso ikan dan sayur. Biarkan mendidih sebentar.
Sajikan dengan minyak bawang putih goreng, tambahkan dalam kuah sesuai selera.

Untuk 2 porsi 🙂

Ps : yang bikin nendang sih sebenernya minyak wijen bawang putih itu, tonce sampe nambah dan sikat habis kuahnya hahaha. Masaknya cepet, perut kenyang :p

Cooking : Cheesy Tuna Korokke ‘berdarah’

Lebay abis judule hahahaha tapi emang bikinnya sampe jempol berdarah tadi (T.T)
Kayanya hari ini emang ga boleh masak, ribet bener dari tadi mau masak korokke ini ( curiganya sih kroket ini mah ) banyak bener ‘halangan’ alias kedodolan me.
Resepnya dari salah satu iklan merek mayonaise di majalah, pas dirumah ada kentang yang tadi nya mau dibikin perkedel tapi tonce lupa beli daging terus, akhirnya iseng nawarin tonce mo nyoba resep baru ga 🙂

kedodolan #1
Harusnya sih, ini termasuk gampang, masalah kukus2 kentang dari dulu bikin perkedel ya juga uda tau ngupasnya. Entah ya hari ini heraaan bener, kentang udah me kukus, 30 menit ada, trus me tusuk pula pake pisau, ditusuk udah mateng, me angkat donk, dinginin bentar, terus copotin kulitnya, pas lagi mau halusin kentangnya.. Astajim, keras bener itu kentang, dari pake garpu sampe geprokan daging, tetep bulet aja itu kentang ( ya benyek diiiikiiiit doang tapi ), keseeel sampe pegel ga bisa halus, me coba potong terus gigit, BLAH masih setengah mentah itu kentang. Pantesan daritadi kaga bisa di halusin.
Akhirnya kentang yang udah me potong-potong itu me kukus ulang.

kedodolan #2
Pikir sambil nunggu kentang di kukus lagi, me mo langsung numis aja tuna dan kawan-kawannya. Ikan tuna udah me keluarin dari kulkas sebelum mulai kukus kentang, harusnya udah ‘lumer’ donk ya. Pas buka plastiknya ( tonce beli langsung dimasukin ke kulkas pake plastik supermarketnya, jadi 2 lapis plastik ).. Jreeeeng, bukan tuna donk yang me keluarin, tapi Cincau Item.. packingnya sama si tuna sama-sama pake stereofoam  (T.T) AAAAA si tuna masih membeku dalam freezer. *pengen jedukin kepalaaaaaaa

kedodolan #3
Setelah Tuna lumer, mulai lah me manasin minyak olive buat numis, sementara si kentang tetep me kukus ( boddoooo biar lembeeeek ), masukin bawang putih, ngesot liat bbm yg daritadi bunyi, cuma ngintip aja sekilas, nengok liat bawang putih.. udah jadi bawang item (T.T) padahal ga sampe semenit pegang bb nya, minyaknya kepanasan huhuhuhu.. baru kali ini kegosongan numis bawang putih. trus dodolnya lagi, lupa loh marut keju, padahal keju di liatin dari tadi, tapi ga brasa kelupaan ya. Akhirnya tonce pergi beli bawang putih ( itu tadi tinggal 2 siung bawang terakhir hahaha ) trus bantuin potong2 dan marut keju.

kedodolan #4
Tonce nyari parutan ga ketemu, semua uda me tumis, tinggal nambahin keju, jadi matiin kompor, me cari itu parutan, langsung ketemu, padahal tadi tonce buka itu laci, bilangnya ga ada.. sambil ngeledekin tonce karena me langsung ketemu parutannya, me ambil dan tutup laci.. AAAAAA jempol kejepit laci sampe berdarah dikit ujung kukunya. Terus me kompres pake es batu, Amboiiii perihnya makjaaang. Darahnya sih langsung berhenti. ( kualat kayanya ngeledekin suami disaat dia lagi bantuin masak hahaha )

Ada apa dengan korokke iniii????

Untungnya.. enak ini korokke, semua kesel-kesel masak ilang pas maknyels berasa kejuuu dan tuna nya nyam nyam nyam..

Bahan Modifikasi sendiri :

  • 5 buah kentang ukuran sekepalan tangan me ( hahahaha )
  • Bawang putih 2-3 siung, di cincang
  • 200 gram tuna, di blender alus
  • 150 gram wortel, cincang
  • 3 lembar black fungus kecil, rendam, iris kecil
  • 100-150 ml mayonaise thousand island maestro
  • 2 butir telur
  • 1 pak ukuran 180 gram keju Kraft quick melt, parut lalu bagi dua bagian.
  • Merica hitam secukupnya kira-kira 1sdt
  • Garam secukupnya kira-kira 1/2 sdt ( nanti di cobain dulu, kadang garam yg baru di buka bungkusnya suka lebih asin )
  • Minyak olive untuk menumis secukupnya ( 2 sdm )

Bahan Pelapis :

  • tepung terigu secukupnya,
  • telur 1 butir kocok lepas
  • tepung panir secukupnya.

Cara membuat :

  • Kukus kentang sampai matang, kupas, lalu haluskan.
  • Panaskan minyak, tumis bawang putih hingga harum, masukan wortel, black fungus oseng-oseng.. 
  • lalu masukan tuna oseng-oseng,sampai berubah warna jadi putih, 
  • masukan keju 1 bagian, aduk rata, masukan telur,aduk rata.
  • Tuang mayonaise, aduk rata.
  • Campurkan kentang halus ke dalam tumisan tuna. Masukkan keju lagi, campur rata. Matikan api kompor.
  • Tunggu sampai panasnya hilang, lalu bentuk bulat (sesuai selera sendiri ) dengan sendok.
  • Lumuri dengan tepung terigu, lalu celup ke dalam telur, balur rata tepung panir. Goreng hingga coklat keemasan.

Note : ini adonan kentang jadinya buanyak. setelah dingin, me pisahin yang mau me simpen buat besok me tutup plastik wrap masukin kulkas. Kalau lagi ga mau masak goreng-gorengan, langsung dimakan juga udah enak kentangnya 😀

Baking : Lidah Kucing Rainbow

Resep menyusul.. tepar setengah idup, ntar pagi kudu naik kereta api pagi.. T.T
ah.. dan selamat 17 agustusan : Happy Birthday Indonesia, PLEASE be Better 🙂

Awalnya, me sama sekali ga tertarik bikin lidah kucing rainbow, karena di ‘racunin’ tonce terus, kalo dia tuh suka lidah kucing, bikin rainbow bagus loh, dll pokoknya membujuk dan menanamkan persepsi bakal seru kalo me bikin lidah kucing rainbow.. Yah akhirnya me luluh juga, ya abes masa suami mau dan kayanya gampang, kaga dibikinin.. Berbelok arah baking dari kue sus ke lidah kucing deh..

Pas pertama bikin… Eh sukses.. :D, tapi warnainnya lamaaaaa karena adonan dari resep pertama agak encer, dan kepo juga pake spuit kecil, klo ga pake spuit mbleber soale.. Kira-kira udah bikin 7 toples dari resep pertama, me googling nyari resep lain, kombinasiin beberapa resep ( baca : cari gampang :p ) ehhh.. adonan kali ini kentel, terus ga pake spuit juga bisa, jadi lebih hemat waktu buat cetak ke loyangnya.. Me itung itung, kurang lebih 3 jam, me bisa bikin 3-4 toples hehehe, daripada pake resep pertama, yang 6 jam jadi 3 toples T.T

Terus, kalo masalah enaknya..sama-sama enak kok, selera sih, kalo tonce lebih seneng resep kedua, soale pake susu, jadi lebih wangi. Nah kalo me yang ga suka bau susu, yah lebih seneng resep pertama 🙂 tapi karena resep kedua lebih praktis waktunya, tentu pemenangnya resep kedua hihihihi.. Win-win solution kan 😀

Berhubung ngetiknya bukan di pc, dan link sumber di pc, me lampirkan belakangan link sumber resepnya ya ketika daku pulang balik ke kampuang 😀

Bahan :
200 gram butter + 50 gram blueband
150 gram gula tepung
175 gram tepung terigu protein sedang + 50 gram tepung terigu protein rendah
25 gram susu bubuk full cream
1 sdm susu kental manis
1/2 sdt vanilli essence
1/4 sdt baking powder
75 gram putih telur
Pewarna makanan merah, kuning, hijau, biru ( orange + ungu )
Note orange bisa jg dr merah + kuning perbandingan 1:2, ungu dari merah + biru perbandingan 2:1

Cara membuat :
1.Ayak tepung terigu,susu bubuk dan baking powder jadi satu, sisihkan.
2.Ayak gula tepung, kemudian kocok mikser dengan butter + bluband + susu kental manis + vanilli, sampai berwarna kuning muda dan bertekstur mirip buttercream.
3.Masukkan putih telur sambil terus di kocok mikser sampai rata dan mengembang.
4.Masukan tepung dkk, aduk sampai rata dengan mikser kecepatan rendah, sebentar saja, lalu me aduk dengan spatula sampai benar benar rata. 🙂
5.Bagi menjadi 6 adonan sama rata, kalo me, takarin pakai scoop ice cream biar sama rata baginya.
6.Masukkan dalam plastik segitiga, masing masing satu plastik
7.Jangan lupa, oleskan margarin ke loyangnya, me kmrn smpt kelupaan, lengket, pas mo di angkat patah patah huhuhu
8.Suhu oven menurut berbagai resep sih 150 dc, selama kurang lebih 15 menit. Tapi kmrn me berkali kali berakhir gosong.. Kayanya mesti mengenal oven masing masing ya, me sendiri di suhu 150 5 menit pertama, dan turun ke suhu 100-120 untuk 5 menit berikutnya, iya me cuma 10 menit oveninnya dan matang cantik 😀
Selamat mencoba 🙂

Sumber Resep di NCC Rainbow Week modif by Meinina

Baking : Pandan Butter Cake

Jadi.. setelah tonce sukses dengan resep roti dari blog mba Hesti 
Me nyoba resep Pandan Butter cake nya :), rencananya.. lebaran mau nyoba jual cupcake Pandan, kan kayanya wangi ya, dan pas ijo ijo sama nuansa lebaran hehe..

Resep Mba Hesti me sesuaikan sama bahan yang ada.

Bahan :
– 125 gr butter (me salah nih.. malah pake mentega putih T.T )
– 110 gr gula halus
– 3 butir telur
– 150 gr tepung terigu protein sedang + 1/2 sdt baking powder
– 60 ml susu ditambah 3 sdm pandan paste home made (  karena me ga ada pasta pandan homemade, jadi beli yg merek koepoe-koepoe : kurang wangiiii, lebih wangi pasti kalo pake pandan asli dan terlalu ijooooo T.T )
– 1/2 sdt vanili bubuk

Cara membuat :
Panaskan oven 180 C. Siapkan loyang brownies ( me pake loyang Roti ) dan oles mentega dan taburi tepung terigu.  me pake kertas roti.4
Kocokbutter, vanila dan gula halus sampai mengembang dan pucat. Tambahkan telur satu persatu sambil dikocok hingga rata.
Tambahkan separuh bagian terigu dan kocok dengan mixer kecepatan rendah.
Masukkan campuran susu evaporated dan pasta pandan lalu kocok asal rata, lalu berikut sisa tepungnya kocok asal rata.
Tuang ke dalam loyang lalu panggang sekitar 25-30 menit atau sampai tusuk gigi keluar dalam keadaan kering.

Pas udah jadi.. me baru ngeh.. loh kok me pake mentega putih ya (T.T)
Jadi, toko kue di kota ini, tiap me bilang mo beli mentega tawar ( bahasa indo nya unsalted butter kan ya.. ) selalu dikasihnya mentega putih, yang mana me baca-baca di buku resep, klo mentega putih itu shortening, dan beda sama mentega tawar..
Berbulan-bulan me pasrah aja, aja pake mentega putih sebagai mentega tawar.. sampai minggu lalu.. Nci-nci yang jaga toko ( beda sama yang biasa jaga nih ) ngasih me mentega tawar yang warnanya kuning.. (o.O)
Seneng pastinya.. akhirnyaaa.. toko sini mudeng yang saya maksud  hahaha.. tapi pas me balik ke toko itu besoknya dan minta mentega tawar sama ngko nya ( yang jaga lagi koko-koko ), dikasihnya mentega putih lagiiiiiiii… Jih aneh kan.. untungnya ada tonce, dia keluarin jurus bahasa hokkian, ngemeng mau beli mentega tawar kemaren bukan yang putih ini, tapi kuning kaya blueband harganya yang mahal sekian yang murah sekian sekilonya……………
Si ngkonya yang….. Ngotot kalo mentega tawar itu ya yang selama ini dia jual yang putih.. ngemeng punya ngemeng, dia mikir.. trus ngomong.. kalo yang harga sekian sekian adanya BUTTER.
(-.-“)
BUTTER itu bahasa inggris, bahasa indonesianya Mentega bukan ya hahahahhaah
Cuman gara-gara kita ngomongnya mentega tawar ( butternya emang hambar kan ) di kota sini taunya ya mentega putih.. ah saya pusing dah, kenapa buka resep sama yang jualan ngemengnya beda hahaha.. yang penting sekarang udah tau, unsalted butter = BUTTER hehehe..
Padahal kalo Elle vire ada tulisannya yg salted ato unsalted.. jebol donk ya kantong kalo jualan cake pake Elle vire, mau dijual berapa duit cakenya hahahaha dan siapa juga yang mau beli disini kalo mehong.
ini kenapa cerita kue jadi curhat miskom mentega ya.

Tonce’s baking : Roti Gulung

Tonce memang lagi genit minta me bikin roti atau pizza.. Uda berminggu-minggu me ngeles terus, abis kebayang ya dulu bikin bakpao, ngulenin adonan itu = pegel, hahaha males, mendingan beli aja, makan 1-2 udah puas kan perutmu tonce? 😀

Akhirnya tonce ngomong, dia mau bikin sendiri 😀 ya silahkeun kan kalo mau bikin sendiri, me kasi dia resep rotinya mba Hesti . Selain tampaknya simple ( jangan yang ribet-ribet buat tonce ), kayae isinya diganti selain vla ga masalah 🙂 Lagian me juga masih kudu bikin kue sus.. Jadilah semalem berduaan di dapur, istri bikin kue sus, suami berjuang ( dengan bawelnya ) bikin roti.

Akhirnya me malah yang bikin gulungannya, tonce ngotot mau roti polos, kalo mateng mau di kasih ham sama telorrr.. dan ujung-ujung roti gulung aja yang dimakan, roti polosnya di anak tirikan hahaha

Pas baru mateng.. wuihhh wangggiii.. padahal udah jam 11 malem dan udah dinner juga, tetep ga nahan iler pengen nyomot rotinya 🙂 Rotinya lembuuut bener, cuma setelah semaleman ( me ga masukin kulkas ) siangnya mulai aga keras, kata tonce : ” kok orang jualan roti berhari-hari tetep lembut ya kaga keras? ” yah iya dong sayang, kita bikin roti kaga pake kimia macem-macem, cuma ragi aja, jadi otomatis ga mungkin tahan lama 🙂

Daaan.. sore ini katanya tonce ( katanya loh ya ) mau bikin roti pizza. Silahkan sayang, asal itu perkakas tolong cuci sendiri ya, gempor aku nyuci perkakas kue sus plus roti mu. Semoga sukses masbro :*