Life lately : The First Trimester

So yeah.. finally, a good news for us this year ๐Ÿ˜€ *tebar confetti, eh nanti deh tunggu lahiran baru tebar confettinya hihihihi Yes, we are expecting a baby.

Kok BISA? Itu pertanyaan juga terlintas di pikiran saat pertama kali tau kehamilan yang ketiga kalinya dalam tahun ini. Yap, tahun ini setelah kejadian keguguran 2x, kami memutuskan untuk take a break dulu dari acara program hamil secara alamiah. Mau mengobati sedihnya hati dulu dan mikir oh well, mungkin memang belum waktunya untuk kami punya anak saat ini, ya dengan ABCDE alasan yang ada ya sudahlah kami tunda lagi aja, pertengahan tahun depan baru mau mulai lagi โ€œrencana nyaโ€. Manusia boleh berencana yaaa..

Menurut Dokter terdahulu, setelah keguguran bagusnya kosong dulu 3 bulan, masuk akal sekali, kasih waktu rahim untuk memulihkan diri lah istilahnya. Terakhir kami keguguran di awal agustus. Setelah keguguran tsb, seorang tante dari pihak tonce ngajak pergi ke sinshe, ya kami sih ga ada masalah terhadap pengobatan alternative, ya maksud si tante juga mana tau ada bisa di bantu untuk memulihkan badan, yang kalau menurut tetua judulnya kandungan lemah. Okelah kami cusss. Jadi di sinshe ini daku di bilang rahimnya dingin. * oke kalo yang merasa ga ada istilah medis seperti itu, ya ga masalah, kan ini diagnosanya pengobatan alternative * so gimana pun usaha, sel telur yang sudah di buahi gak bisa nempel di dinding rahim. Yang mana salah satu ciri nya telapak kaki sering dingin. INI SAYA BANGET. Kalo lagi gak fit tuh brasa kaki dingin banget, ibarat mesin katanya bodi ku ini nyala idup nyala idup, peredaran darahnya kurang lancar karena ya itu bodinya serasa mobil yang sering mogok alias lumayan lemah. FYI saya gak pernah pingsan tapi memang dari dulu kalau orang olahraga muka jadi merah, saya mah jadi pucet, karena ya itu lho, kurang tenaga tarikan aliran darahnya * dulu pas masih SD pernah rutin urut refleksi dan memang ai yang dulu refleksi itu bilang kurleb sama, peredaran darahnya kurang narik *

Pas di urut kakinya sama sinshe, juga di panasin pakai satu corong dari tanah liat dan dalemnya kaya ada bakarannya, kaki ku tuh gak rasa panas sama sekali. Ada kali ya setengah jam, baru tetiba berasa anget dan lama-lama panas. Sinshenya sampe geleng geleng kepala saking kaki dingin banget. Lalu juga sinshenya tau klo pinggang sering pegel. Kami di kasih obat ( iya tonce juga di kasih, yang mana berbanding terbalik, kalo daku badannya dingin banget, tonce itu malah panas bener hahahaha , ya bagus kali ya jadi ngangetin *eh ) obatnya jangan tanya apa namanya hahaha pokoknya di kasih udah botolan dan pil-pil macam obat tradisional gitu. Tonce dapet 5 set, daku dapet 2 set botol. Disuruh minum, ini bisa ngurangin pinggang pegel-pegel dan kalau memang rejeki kata sinshe ya 2 bulan lagi juga kita bakal hamil. Hahahahaha waktu itu ketawa miris, karena kan kami mau jaga dulu ceritanya.

Awal September kami ke Penang 2 hari 1 malam ( brarti baru minum obatnya kurleb 2 mingguan ya ). Dan ya di penang memang kami kebablasan hahahaha. Setelah itu balik ke aktifitas yang padat karya, dari sibuk-sibuk ngembangin usaha kecil-kecilan kami sampe launch usaha baru * doain lancar ya teman-teman, modal kecil-kecilan aja, mudah-mudahan bisa jadi ladang belajar dan ladang rejeki.

Pertengahan Oktober, saya sempet pulang ke Jakarta, how I miss my parent and sister. Setahun bok kaga ketemu. Baru 4 hari di Jakarta, kami dapat kabar duka, nenek ku satu-satunya meninggal dunia. Tapi lega juga si karena nenek udah 4 tahun terakhir stroke dan gak bisa ngapa2in, sediiiih banget padahal sebelumnya nenek ku itu klo ke Jakarta aja masih ikut kami keliling belanja di mangdu lhooo.

Akhirnya tonce pun dadakan pulang ke Jakarta dan ikut pulang ke Solo. Di Solo kami sepupuan hampir lengkap kumpul semua, seneng rasanya bisa kumpul keluarga besar, catching up life, ya di grup si suka chat, tapi feel ngobrol langsung itu ga tergantikan ya ๐Ÿ™‚ .

Dari Solo langsung balik ke Medan. Balik Medan, selang 2 hari kami ada event bazaar, lanjut minggu depannya partner keluar kota so otomatis, kerjaan orderan, produksi dan delivery urus sendiri plus ngebut kerjaan kantor yang di tinggal seminggu mudik. Udahlah kaya robot hahahaha however aku merasa mual tidak berkesudahan. Ya otomatis kukira karena masuk angin kan. Tapi dengan kerjaan segambreng gak bisa rasanya tidur-tiduran istirahat sungguhan, pokoknya di mobil tidur, sampe rumah bikin kerjaan sampe kantor bikin bon hahahaha. Tiap hari minta kwetiau sirem ke tonce, karena anget-anget dan meredakan perut gak enak yang ku kira maag.

Seminggu berlalu tapi masih mual. Akhirnya hari senin aku tumbang. Uda koordinasi sama tonce, kami deal kalo sampe muntah brarti saatnya ke dokter dan cek lab, takut sakit tipes! Udah makan promag dan Mylanta tetep mual, sampe kami pergi ngurut mijet lho, karena pikir masuk angin kan, mayan angin keluar badan entengan. WRONG! Besoknya malah makin parah badan pegel gak ketulungan. Disini saya mulai kehilangan selera makan, kwetiau sirem pun brasa blenek, udah ga ada yang enak masuk mulut.

Dan pagi itu akhirnya saya muntah. Okelah karena muntah, 2 opsi, mau cek lab dulu apa ke dokter. Saya tetiba mikir, ke sinshe yuk. Ya biar anginnya keluar semua deh, klo kata sinshe mesti ke dokter baru deh ke dokter * yakan sinshe nya ga anti sama dokter, daku sih yang agak parno ke dokter hahaha * Ke sinshe JENG-JENG. Baru di pegang telapak kaki nya, beliau ngomong.

โ€œ Ini kamu kayanya mau hamil, tapi ga tau nempel apa ngak telurnya, atau kamu lagi kesambet, ada habis pergi melayat? โ€œ

Haaaaah.. bengong lah berdua tonce, ya memang ada melayat tapi dah lewat 2 minggu, lalu memang ada masuk angin juga kata sinshenya. So sinshe pun aga ragu dan nanya ke tonce berulang kali, ini uda tespack? Ngak belum, kami belom program kok. Lho obat di minum? Minum. Duh. Lalu ya sinshe nanya bisa resiko klo lagi mau nempel telurnya. Tonce yang udahlah liat istri tiap hari mual bilang : kalo rejeki saya yakin ga akan apa-apa, yang penting istri sekarang enakan dulu. Intinya si kami lumayan mengecewakan sinshenya pas bilang jaga, karena dia pikir kita kepingin anak so dikasi obat yang ternyata kata dia sekarang uda carinya pun susah, dia merasa kami menyia-nyiakan obatnya * aduh aku jadi sedihhhh banget lho gak enak hati sama sinshe nya. Kata sinshenya gini, habis ini kamu bakal ngantuk tapi harusnya habis itu badan jadi enteng. Ngantuknya iya, entengnya ngak.

Besoknya sama temenku ku di bikinin tim obat cina yang buat ilangin masuk angin plus dikerokin mami nya lagi, padahal pas ke Jakarta baru di kerokin mammy juga. Pulang kerokan harusnya badan jadi enteng kan, ini malah makin berat.ย  Di sini uda ribut harus testpack, dese curiga dan yakin aku hamil.

Ya udahlah akhirnya kami beli testpack, 3 biji dengan merek berbeda. Sensitif, Akurat dan Andalan.

05/11/15 Paginya di pipis pertama aku sambil ngantuk dan lemes karena mual, pilih-pilih pake sensitive ajalah yang gak se sensitip merek Akurat yang bisa sampe 10miu ngedetect hcg nya.. ย celup testpacknya, langsung melek! Karena kok garis sebelah ย bawah langsung nongol! Rese, ini pasti rusak testpacknya, yak kan 2x hamil hasil garis samar dan keluar garis di bawah itu belakangan, garis atas dulu yang keluar menurut pengalaman pribadi. Mana kemarin ni temen baru cerita dia testpack eh ga keluar garis sama sekaliย  hahahaa ya jadi otomatis mikir yaelah dapet tespacknya kok uda rusak. Sambil ngeflush lho lho lho kok 2 garis merah terang bangetttt! Suer aku menganga. Bengong. Kok bisa? Hah? Ini apa masih ngimpi? Hah?

Masuk kamar dengan tampang cengo, tonce nanya gimana 1 garis? Nyalain lampu kamar kasih dia liat masih cengo. HAH! Ini 3 GARIS ya? Hah? Bentar kacamata mana? Hah 2 garis. Terang ya garisnya. Gak pake micing-micing mata langsung keliatan. Udahlah aku diem tonce diem, tidur lagi pelukan hahahaha gak tidur deeeh, tiduran, sambil ngomong, jadi ke dokter kandungan dong ya? Janganย ย  dokter umum ya?.. Yah suami istri ini masih belom sepenuhnya sadar dari tidur kayanya.

Galau mau ke dokter yang mana, dokter hamil pertama apa hamil kedua. Akhirnya tonce mutusin yang hamil kedua aja, prakteknya sore tapiiii * duh deg-degan nya nunggu sore ituuuu..

Short story * bentar lagi jadi cerpen ini mah *

Pas ke praktek dokternya di tanya suster, hamil ci? Entah sus, ini mau memastikan. Kalo dari muka cici pucet gitu si saya yakin cici hamil. Ihhhh susterrrrr ga tau aja disini hati uda kembang kempis cemas. Di tensi pun emang darah aga rendah tekanannya, dan to my surprise, susternya kayanya masi inget aku pasien yang keguguran itu di agustus. Soale dia komen. Gapapa ci mual-mual, justru bagus, dulu cici kesini kan ga ada keluhan ternyata kurang bagus hasilnya, yang ini amin ci yakin hasilnya bagus ya mudah-mudahan. Aduh suster..aku padamu bangetttt.. Padahal saya ga cerita apa-apa lho.

ย 

ย Halo kantong janin, udah 5weeks kata dokter. *lalu aku ngitung 5 mgg lalu kayanya ga ada kebablasan deh, kayanya lagi bazaar ga mungkin lah lagi tepar * kantongnya kali ini keliatan bulet dan mayan gede 1,77cm ๐Ÿ™๐Ÿผ Dikasi penguat dan asam folat, disuruh balik 2 minggu tapi klo ada yang gak wajar langsung datang, haiyooooo aku langsung reflek jawab : gak gak dok ga mau ah bolak balik hatinya ga kuat hahahahaha sehat-sehat amin ya.

Selama nunggu 2 minggu itu, saya sempet testpack lagi lho hahaahaa meyakinkan diri aja kalau memang hamil wkwkwkwk itulah klo hamil tapi kurang pede. Untungnya tetep 2 garis merah terang benderang. Jadi agak legaan sedikit.

***

16/11/15ย  10 hari kemudian langsung balik dokter, pas obat penguat habis hahahaha ya maap ini suami istri belom bisa hepi berat, belom pede soalnya. Cek kedua ini kan bikin deg-degan berat, kami 2x sedih di 2 weeks waiting kan, kata tonce ini stage 2 nih, mudah-mudahan stage 2 lancar.. Frekuensi mual makin sadis dan muntah kira-kira 2 hari sekali, tapi daku masih ketelen nasi padang separo bungkus pake gulai otak lho, selera nusantara banget, cium keju langsung hoek, makan tempe goreng pake sambel terasi ya amboiiiii nikmatnya, tapi nasi mulai ga bisa ketelen.

Pas ketemu dokter yang ditanya : Mual ga? Muntah dok! Bagus! * sama reaksinya tonce : yank aku abis muntah lagi. BAGUS! Ya gapapa brarti dede lagi berkembang.. positive banget ya reaksi suami *

Lalu, halooo janin kecil kami.. di cek ukurannya udah 8 weeks 2 day, hah! Hahahaha beneran anak hasil penang kamu ya. Kami ga nyangka secepet ini dikasih hepi liat janin kecil goyang-goyang di perut ku. Lalu sama dokter di suruh hening, ada detak jantungnyaaaaaaa * saking terpesona tonce gak rekam samasekali haiya* ahhhhh kami gak nyangka banget, Thank you ya de, gak nyangka suara detak jantung janin kecil bisa bikin bahagia banget. Saya pulang dengan muka pucat tapi hati bahagiaaaa banget * juga was-was sih masihan.

Dokter suruh datang control lagi 1 bulan. Lama yaaaaa.. Cuma di kasih kalsium dan suruh habisin asam folat aja, di kasih cairan pembersih juga buat habis pipis soalnya mulai keputihan. Dokter yang ini memang gak banyak basa-basi dan kalo emang ga ada masalah ya udah, tapi cukup care sama pasien. Dan JAHIL. Hahaha cocok lah sama tonce. Ya masa, lagi USG perut beliau bilang, kamu mual2? Kok perut kayanya melebar? Ngokkkk.. Dokter maksudnya mo bilang saya gendutannn?? hahahaha iyalah dok 2 minggu makan nasi padang melulu gak gendut sih heran, naik setengah kilo padahal sering muntah. Makanya dokternya ketawa2 aja sambil wanti-wanti bagus itu jadi brarti masih keserep makanannya, nih anaknya goyang-goyang haloooo. Suster udah ketawa geli, mungkin mikir ni pasien sama dokter sama-sama cocok jahilnya.

Walaupun jahil, kan aku rada cemas kok masih keputihan ya uda beberapa hari terakhir, tonce telpon dokternya pun pagi2 di luar jam praktek mau di angkat, sms juga di bales, intinya enak si kalau ada yang janggal bisa konsul colongan, dan kalau gak terlalu serius menurut dokter ya ga usa datang juga, lgsg di resepin aja. Misalnya kemaren ini aku sempet 3 hari gak bisa BAB. Udah minum air banyak, makan buah sampe marukin yogurt, tetep gak bisa. Telpon dokter lalu di resepin obat buat BAB, bisa akhirnya BAB tapi brasa gak tuntas wkwkwkwk lalu keinget BUAH NAGA Merah. Daku klo makan buah naga merah tuh wuihhhhh lancar bangetttt, tapi horror hasil pembuangannya pasti merah-merah ungu. Hasilnya, besoknya BAB ampe 3x, serem ya, tapi ga pake ngeden kok dan gak mules, lancar aja keluarnya, jadi sekarang si saya dua hari sekali makan buah naga nya, kalo 2 hari terus-terusan makan buah naga aja, pipis pun warnanya kemerahan. Yang mana bikin shock! Hahahaha

Asli berasa konyol. Liat pipis hah kok kemerahan, jantung udah mau copot rasanyaaa, cepet2 lap pake tissue tapi gak ada noda merah, lalu keinget, anjrit ini gegara 2 hari makan buah naga merah nih hahahaha latihan jantung bener.

Masuk minggu ke 9, frekuensi muntah meningkat, ini udah di wanti-wanti sama temenku, lagi puncak nya mual-mual pas dulu dia hamil. Iya lhoooo dalam seminggu saya muntah 6 hari hahahaha, malah masuk minggu ke 10 saya sempet muntah sehari 3x. Berujung perut berasa kempesan, tonce yang tiap malam ajak doa berdua dan elus-elus perut yang mulai njendul kaget, lho kok perut mu kecilan? Jadi kemarin itu bukan baby bump? Tapi samcan bump? Hahahaha iya kami si ketawa-ketawa tapi rupanya tonce lumayan cemas dan sounding, ga usa tunggu sebulan deh, minggu depan kita ke dokter yuk. Nimbang sih BB gak naik juga gak turun, belum ada ngidam-ngidam, kecuali kepingin tempe mendoan Mbok giyem di Solo. JAUHHHH bener ya kepingin makannya hahaha, tapi gak yang sampe pengen2 banget, kalo gak di inget-inget ya ga kepingin, brarti bukan ngidam dong ya hihihihi

***

03/12/15 Hohoho iyoo belom sebulan, tapi tonce mulai gelisah liat istri kok perut bukannya maju malah kempesan, angka timbangan bukannya nambah malah menurun. Imbas dari rutin muntah 2-3x dalam sehari. Kali ini ke dokter, mamer udah sounding mau ikut, mau ketemu dan liat dokternya, mau ngobrol dan minta vitamin buat menantunya hihihi Okelah kami cuss, lhooo ternyata cici ipar mau ikut nemenin juga plus ponakan, wkwkwkwk rame yaaaa mo cek baby kali ini serombongan. Dokternya sampe ketawa, nebaknya ini pasti cucu pertama yaaaa? Bukan sih dok, cucu keempat! Mami uda ketawa-ketawa aja sambil laporan menantu muntah terus, lemes, dkk dilaporin dah. Dokter malah santai aja, ah ini masi seger, buktinya kali ini dateng masih senyam senyum daripada bulan lalu lesu banget, jiaaaah inget aja si dokter, gimana gak mau senyum ya kan, yang laen cek cuma berdua, daku dateng berlima wkwkwkwk kan jadi kocak sendiri. Di cek bawah mata juga masih merah gak pucet, tapi emang di tensi 100/60, bawahnya rendah ya. Sepanjang hari itu elus-elus perut, nak jangan muntah ya, mo ke dokter, jangan muntah di jalan ya. Nurut juga * udahan dari dokter baru muntah LOL *

Pas di USG, dokter kasi tau ini kepalanya, tangan, kakinya, haloo ini oma kamu dateng mau liat, eeeeeh lompat nendang si baby, lalu goyang-goyang, aaaaah dokternya sampe ketawa, โ€œ Tuh, oma, cucu sehat nih, walaupun maminya muntah2 tapi lincah. โ€œ lalu ngomong ke daku dan tonce โ€œ baguslah untung kamu cadangan samcan banyak jadi keserep baby โ€œ. Untung yaaaaaaaaa LOL Suster pun nanya, ci masih ngidam makan nasi padang tiap hari? FIX aku cinta pada mu sus, kok inget ajaaaa sih. Kami merasa di perhatiin lho dengan detil2 remeh2ย *ya apa masa di tulis di file riwayat pasien ngidam apa aja ya hahaha

ย ย 

Kami berdua bersyukur sekali diberikan kesempatan menjadi orang tua ๐Ÿ™‚ perjalanan masih panjang, Pe-Er masih banyak, tapi momen tiap malam tonce doain atau sekedar dia senyum-senyum liat video usg anaknya, gak bisa diungkapin kata-kata..

Semoga teman-teman yang berusaha juga boleh segera diwujudkan keinginannya ya. Amin.

Thank you tonce, i believe you are going to be a good daddy

Thank you doa-doa nya guys dan tetep masih mohon doa nya ya ๐Ÿ˜‰ all the best..

Advertisements

13 thoughts on “Life lately : The First Trimester

  1. Christina says:

    Hi Ci Ame,
    Saya silent reader sich selama ini, he2, boleh minta alamat en nama sinshenya?
    Kebetulan di Medan dan belum berhasil hamil2 juga.
    Thanks before.

    • me chan says:

      Hai hai
      Sinshe nya di Jl pukat 8 ( perguruan ) no 37, gak ada plang, tp sebelahnya jualan bakpao, rumahan ๐Ÿ™‚
      Sampe jam 6 sore aja jd klo bisa paling ga jam 5 sore paling lambat dtgnya..
      Semangat ya ๐Ÿ˜Š semoga berjodoh segera ๐Ÿ˜˜

  2. Yulianti Jimahi says:

    Meeeeee…. congratzzzz yaaaa!!!!!! Senangnya udah ada calon baby-nya!!!! Nikmati aja mual2nya Me… nanti juga bakalan berlalu… dan bakalan terganti sama rakus yang bukan main…. hehehe… udah ketahuan jenis kelaminnya ga ya? ๐Ÿ˜€

  3. Ei says:

    Congratz ya Me… Sehat2 selalu ya.. yang heppi selalu, u n Tonce had been through a lot..
    Sekarang pengen makan apa sikat Me jangan malu2 kapan lagi….
    ntar urusan diet bisa lancar sendiri abis si baby lahir… seneng banget dapet berita gembira..
    Keep us update ya..xx

Hello :) thank you for reading..

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s