1 hari di Medan, Sarapan apa ya?

Spadaaaaa…

Akhirnya di niatin buat buka blog dari PC juga hihihi, kadang-kadang dari hape suka kaga bisa buka notifnya ihik.. Ahem.. 6 bulanan tinggal di Medan, kita berdua membuncid banget hahaha, progam hamil sih belum sukses, tapi buncidnya SUKSES BESAR

Masih inget banget pertama kali ke Medan tahun 2009 di ajak tonce dalam rangka ulangtahun alm.Ama dan yang terkenang itu makanan medan ya ampun enakk sedap luarrr biasa *lebay.com*. Daku itu termasuk sangat jarang makan dunia per-babi-an, di keluarga besar pun gitu, paling pas Imlek aja, tapi ya gak juga, kadang imlek malah kita makan seafood rame-rame hahaha. Berbanding terbalik sama tonce, mereka malah termasuk sering makan menu-menu babi hihi.. Nah di Medan sendiri kuliner per-babi-an ini JEMPOL banget.

Tapi jangan salah, makanan tanpa babi pun enaaak maknyus. Me coba susun beberapa makanan dan tempat makannya, yang kira-kira nih kalo bisa sehari full di Medan, enaknya makan apa aja.. Disclamer dulu yak : me bilang enak kalo menurut yang udah coba ternyata biasa-biasa aja atau ada tempat yang lebih enak, ya maap maap ya hihihi namanya selera kan beda-beda.

Sarapan Pagi :

Bihun Bebek

Bihun bebek Gandhi

Dulu kalau dari rantau naik kereta malam, nyampe medan sekitar jam 5 pagi tuh brasa lapernya disini * tunjuk perut*, sambil nunggu di jemput, suka ngaso di Mcd Merdeka Walk. Jam 6 – setengah 7 pagi, cusss ke Bihun Bebek di jl. Gandhi 117 sudah buka. Dan buat sarapan alamak nikmatnya. Dari beberapa bihun bebek yang pernah kita makan, ada 3 kategori kuah bihun yaitu : kuah obat ( chinese herbs ), kuah kaldu, dan kuah kombinasi. Nah buat kita, bihun bebek gandhi ini kerasa di kuah kombinasi. yang ga gitu suka kuah obat bakal tetep suka kuah ini, yang ga suka kenceng kaldunya tetep bisa nelen juga. Pas deh. Harganya kalau gak salah 30ribuan. Daging bebeknya juga cukup. pas untuk 1 porsi makan pagi. Halal ngaknya kita kurang tau ya hahaha maklum biasa mesen langsung bebek aja, ga pake nanya apa2 lagi..

Kalau suka kuah obat, boleh coba ke Bihun bebek Amin di jl. Bangka ujung deket pengkolan, dia sederetan itu ada mie hokkien dan rumah makan lain. Di bihun bebek Amin ini, dengan kisaran harga 35ribuan buat me rasa obatnya lumayan kenceng, biasanya ga bakal habis minum nyeruput kuahnya hehe, tapi dari segi rasa daging bebeknya juga enak dan napsuin. Terakhir kita belum lama ini nyobain bihun bebek di jalan Kumango, harganya kisaran 50rb per porsi. SADIS bebeknya hahaha. Sampe pas selesai makan jadi mikir.. ini makan bihun bebek apa makan bebek ya hahaha.. recomended buat yang suka banget sama bebek. kuahnya juga kaldu berasa banget. Strong banget dan RAMAI !!. Ciyuss.. sampe ngantri gak dapat tempat duduk. Oh ya, bihun bebek kumango ini Halal lho ( ada spanduk halal soalnya hehehe )

notes :Β personally, paling suka bihun bebek gandhi

Nasi Soto

BrunchΒ makan soto tuh ya sedaaaaap hihihi, kali ini favorit me dan tonce soto yang halal πŸ˜€ ada 2 nih, Soto Sinar Pagi dan Soto udang Kesawan. 2-2 nya sudah tersohor enak. Soto Sinar Pagi di jalan. Sungai Deli dan Soto udang Kesawan yang kita tau ada 2 tempat. 1 deket rumah Tjong a Fie di jalan kesawan, 1 nya lagi di jalan Surabaya ( cabang ).

Soto Sinar PagiSoto Sinar Pagi, ada 2 pilihan daging ayam atau sapi, disajikan dalam mangkuk kecil ( ala soto padang ), perkedel di sajikan dan bayar terpisah. Per porsinya 25.000, termasuk nasi putih. Kuahnya sendiri berasa banget rempah2 khas melayu, nikmat sampe pengen makan jadinya pas nulis hahahaha

Soto udang Kesawan

Soto Udang Kesawan, ini ya kedainya kecil nyempil di pinggir jalan hahaha sampe kita tuh muter-muter 2 hari kelewatan terus, pas ketiga kali baru sadar, ya ampuuuun dari kemaren di lewatin tapi kaga ketemu ( malah sampe nyasar ketemunya bihun bebek kumango wkwkwkwk ). Sotonya bisa pilih mau isi Udang aja, campur ayam, campur sapi, ato sekalian di campur paru gorengnya? Saran me kalau kamu suka dan bisa makan sapi, go ahead campur sama paru nya atuh. UENAAAAAK TENAN. Udang sendiri sudah menggugah, udang galah lumayan gede, paru gorengnya kriuk kriuk di kuah santan. Ya ampun ini nulis langsung merasa besok kudu makan soto deh ah. Kalau di bungkus bawa pulang, kuahnya melimpah ruah, gak usah pake isi daging buat basahin nasi aja udang nyam nyam banget. Oh iya, untuk perkedel, di soto udang kesawan ini udah include di cemplung dalam soto tapi gak utuh 1 perkedel per porsi. Harga soto udangnya 25ribu, soto ayam sih lebih murah ( sepertinya ya hahaha )

Dimsum

Gak perlu panjang-panjang deh ya *perut makin krucukan.. cuss ke Dimsum Ayong ( pernah aku tulis disini ) di jalan.Babura.. tapi maap ini non halal. Kalau hari Minggu, mereka ada xiao lung bao lho.. isi 6 harga sekitar 38ribuan. WORTH IT!. Oh dan gak boleh ketinggalan pesen Kwetiau Polos ya.. kalao lebih dari 5 orang yang makan, pesen yang jumbo aja, berlimpah dan sedaap. Mereka bukanya pagi dan malam.

Piring Jumbonya mantap

Piring Jumbonya mantap

Kari Bihun Tabona

ini ya tempat favorit mama mertua makan, rata-rata kalau beliau pas ikut kita ngantor pasti ngajakin brunch disini. Bisa pilih kari ayam, atau kari sapi. Dia juga ada yang jualan Bakmi, dan bisa minta kuah bakminya ganti kari, rasanya? Unpredictable hahahahaha pertamanya merasa janggal, tapi tiap suapan yang masuk ke mulut jadi makin enak. Jangan lupa cobain emping yang mereka jual. walau agak mahal, kalau gak salah 5 ribu rupiah per bungkus, tapi enaaaaak lupa dah sama kolesterol. 1 porsi ya harganya 30 atau 35 ribu gitu.. Tapi puas karena kuahnya gurih dan kentel karinya

kari bihun tabonakari bihun tabona ayamJujur ya.. nulis ini langsung mendadak laper.. cuss ya nunggu gak laper lagi baru lanjut pilihan makan siang ala me dan tonce sehari di Medan.. Jadi kapan nih ada yang mau nyamperin daku kumpul-kumpul di medan? hihihi * serasa dipikir selebritis kali

Advertisements

15 thoughts on “1 hari di Medan, Sarapan apa ya?

  1. leonyhalim says:

    Gue ke medan… 1 malem naik 2kg!! Dijamu terus sama org medannya. Super sadis hihi. Tp sayang gue blm coba itu semua. Cm ke jalan Semarang. Kl resto Bintang yg jual bawal bukan sarapan ya.

  2. gegekrisopras says:

    Ce Me kok tombol like nya ga ada, jd ga bisa disimpen dong πŸ˜₯ hehe wah kalo ngomongin wisata kuliner Indonesia mah gada habisnya, walaupun masakan sederhana tp rasanya enak banget ya πŸ™‚

Hello :) thank you for reading..

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s