Postingan hari ini..

Saking no idea mau kasih judul apa..
Minggu lalu, neneknya tonce meninggal dunia, memang sudah umur ya juga terakhir itu sebelum imlek sempet masuk RS.. kita sempet ngumpul sama nenek pas hari imlek. Sudah seger, tapi memang mau operasi Ginjal.. Nenek sendiri malah infonya gak sabar untuk segera operasi, dan habis operasi pun cepet sadar dari obat bius. Walaupun begitu, nenek setelah operasi malah yang minta pulang terus, pingin cepet2 keluar dari Rumah Sakit.

Sehari setelah pulang dari RS, pagi2 nenek bilang lapar, jadi dibuatkan milo plus roti tawar. Habis sarapan, ngantuk. Meninggal dalam tidur.. Kaget banget lah.. langsung tonce pesen tiket kereta api utk besoknya kita berdua berangkat ke medan. Mana mama mertua lagi pergi cruise, di tengah laut,di telpon ga bisa, di bbm, whatsapp juga ga bisa. Akhirnya pas hari ketiga Nenek meninggal baru bisa pulang, begitu dpt kabar langsung cari tiket pulang.

Dipikir-pikir ya.. keluarga besar ngumpul lengkap pas ada kejadian berduka gini.. kalau ada yang merid pun belum tentu selengkap kemarin ngumpulnya.. jadi tau sodara2 tony yang belum pernah me jumpa.. Tetep ya pertanyaan udah isi apa belom jadi santepan tiap kumpul keluarga..

Baru kali ini ngerasain yang namanya adat istiadat pemakaman. Yang anak2 dan menantu pakai kain bentuk kotak di penitiin di lengan warna putih + kain goni? Yang cucu cowo dalam, pakai kain kotak kecil warna biru tua, begitu juga istri2 nya kalau sudah nikah, cucu menantu dalam. Yang cucu cewe dalam belum menikah juga pakai kain kotak biru. Yang cucu dalam sudah menikah jadi anggapan cucu luar, karena kan sudah nikah masuk ke keluarga suami, pakai kain kotak biru tua plus kain merah. Kata mereka itu istilahnya pangkat.

image

Ada lagi aturan untuk cicit dalam, cicit luar. Kalau ga salah cicit dalam pakai kaos kuning, cicit luar pakai kaos merah. Kemarin gak semua cicit kumpul soalnya..
Trus ada lagi adat sujud berdiri sujud berdiri wah serius mabok langsung keliyengan, akhirnya me ga ikutan dan duduk di depan bersama tamu2..

Oh yang unik ya, kalau di jakarta kan kita melayat kasi uang kedukaan dalam amplop putih ya, di medan gak pake amplop bok.. dan di buku tamu langsung tulis nominal yang kita kasih brapa.. 100rb kah? 50rb kah? Dan lubang masukin duitnya sempiiiiit banget. Di ceritain tonce siapa yang meninggal me lupa ada boss datang kasih uang duka gede donk.. 3jutaan mana lubang sempit masukin deh tuh selembar selembar lamaa nungguinnya :p

Me sendiri terkaget kaget pas ke areal perkuburannya.. maklum ya orang jakarta.. tanah kuburan aja ibaratnya di jakarta bisa di gusur ya, dan kan model yang kotak2 gitu.. Lah ini modelnya tanah luar kaya berbukit, dan jaman baheula bener.. yang guedeee trus gundukannya bulet gede kaya bukit2 kecil, lebih tinggi dari tonce dan lebarnya bisa 10 orang berjejer berdiri..ada pelatarannya, malahan me liat kuburan sebelah ada kolam plus air mancurnya cobaaa.. *tercengo-cengo

image

Meninggalnya selasa, hari jumat nya di kubur. Dan ternyata jaman dulu pantangannya ya ampun ya.. yang berduka ga boleh keramas dan mandi selama 7 hari, malah ada yang 40 hari. Ga boleh gunting kuku, gunting rambut, cukur kumis pula. Itu ya gak keramas 2 hari aja udah ga tahan.. mana panas banget. Untungnya mertua lalu bilang.. udah ga usah pantangan, keramas2 aja.. *sujud syukur..

Hari sabtunya.. hmmm ngapain ya kita, me lupa.. ingetnya hari itu badan meriang tepar ga tahan berakibat sekarang pilek wuaduuuh *pilek naik pesawat kan siksaan bener

Hari minggu enakan, dan bawa ponakan jalan2 saking nangis udah selesai PR nya tapi maminya capek, merajuk gara2 uda di janjiin pergi, ya udah, angkutttt dah ngikut om tante nya ketemu sodara n muter2..

Lalu ini kocak banget. At least buat me n tonce ini kocak bangeeeet. Kita dapet info2 kalo rumah daerah tasbi masih affordable.. tapi ada info tambahan, kalo malem sepi dan gelap, jadilah kita muter2 di kompleksnya yang mana gedeee.. ibarat kalo di cengkareng sih daerah citra tuh nembus citra2 berikutnya. Dan emang lingkungannya sepi, ga ada orang yang kongkow di depan rumah. Keluar kompleks, tonce liat plang perumahan baru, belok lah kita.. yaaah masih di bangun, n ga ada kantor pemasarannya.. ya puter balik. Pas puter balik tonce liat 1 cluster kok menarik, ada orang2 kumpul, dan cuma sejalan aja clusternya.. masuklah kita..ngeeeeng liat2 cakep juga rumahnya, minimalis, simpel, jalanan lumayan lebar, sambil ngintip kalo2 ada yang mau nyewain or jual kan bisa tanya2 harga gitu..

Tetiba me keingetan mba Noni, dan bilang tonce tuk ingetin me kontak mba noni nanya2, seingetan me mba noni tinggalnya daerah2 sini nih pas cerita2 dulu.. eeeeeeeh, nengok.. liat ada cewe keluar dari mobil.. lhooooo kokkkk perasaan kenal yah..

Yank, yank.. kok mirip mba noni yah?
Mana? Mana? Apa iya?*tonce ngerem
Ah apa iya ya..
Laaaaah iyaaaa beneeeer *karena ngeliat ada matt juga hahahaha

Ya ampun yaaaa πŸ˜† bisa-bisanya kok pas bener… me yang mba noniiiii mba noniiiii hahaha mba noni yang kaget siapeeeee nih nongol depan rumahnya..
Dan tonce yang bangga gitu πŸ˜† *ya kan dia yang pengen belok liat hihihihi
Apakah kita akan tetanggaan.. *ngarep.com ya me Nanem pohon duit dulu..

Advertisements

16 thoughts on “Postingan hari ini..

  1. Yulianti Jimahi says:

    Turut berduka cita ya Me…
    Sama Me, waktu bapak mertua aku meninggal juga banyak banget adatnya, tapi untung sih udah banyak yang di cut sama keluarga Ridson, seperti yang kain2 dipeniti2 gitu sih udah ga ada ya… tapi sujud2nya dan ga boleh keramas sih juga ada, tapi waktu aku kalo ga salah cuma 3 hari aja sih…

  2. mamipapa says:

    Turut berduka cita yah Me dan Tonce

    waktu pho2 meninggal juga gitu mana pake adat panggil chaima gitu ada kan upacaranya gonjreng2 kaya 2 tutup panci di keprek2 sampe skrg takut sendiri denger bunyi gituan hehehe tapi pas pho2 di kremasi sih buang laut sisa abu taro guci di rmh abu daerah mg besar situ ini pho2 dr nyokap

    pas smp kung2 dr bokap juga gitu persis deh warna2 baju smp iket kepala jg ada warnanya sapa cucu dalem cucu luar, anak atau mantu (ribet yah) kuburannya di bogor gunung gadung modelnua berbukit2 juga kok me trus guede yah persis ilustrasinya me, makin kaya seaeorang makin gede kuburannya bila perlu ada atap sm pager hahah trus pinggir jln gede

    semoga jadi tetanggaan sama Noni hihihi…. btw blognya jadi dot com yah bl template di wordpress?

    • me chan says:

      Oh ya? Waduuuuh aku si kmrn ga sampe pake iket kepala.. tp diceritain mama mertua jaman kecil dulu pas aco meninggal pake iket kepala, sekolah pake baju putih terus plus nyeker ga pake sendal pas bawa peti mau di kubur..

      Hoooo di bogor ada ya ci model kuburan gini.. aku pernah liat di lampung.. iya ci ampe syok pas liat ada yang bikin kolam nya..

      Hahahaha takutnya mba noni horor nanti tetanggaan sama me hahaha bakal ribet manggil mulu πŸ˜†

      Iya ci, dot com nya aku beli di wordpress, di dashboard kan ada beli 18 dollar setahun hehe

  3. yeklin says:

    turut berduka ya me..
    di medan rata2 kuburannya gitu me. makin tua umurnya makin gede kuburannya. tapi itu berlaku utk yang anaknya banyak uang. kalo gak mah di kremasi aja trus di taro di vihara. supaya hemat. hehehe..

  4. Pypy says:

    Me, di Kotamobagu juga pekuburan untuk Chinese megah banget.. Kek dibukit gitu, trus gede2 lagi kuburnya πŸ˜€ Disana masih banyak lahan kosong sih πŸ˜€

    Wihh… Semoga yah me tetanggan :p

Hello :) thank you for reading..

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s