bits of Berastagi : Taman Alam Lumbini

Sejujurnya yah, me pengeeen banget explore banyak tempat di sumatera Utara ini, masih banyak tempat2 cakep pastinya. Seperti Balige, isssh tahun lalu udah planning kalo bisa di tahun ini pengen ke Balige. Taman Simalem juga pingin, tapi nginep disana bisa nangis bayarnya plus klo hanya berdua masuk ke taman simalem menurut info yg dikumpulkan 1 mobil kena biaya masuk 200rb, errrr berat ya buk hahaha mendingan nanti lah sekalian kalo sama-sama keluarga πŸ˜€

Kemudian di ceritain mami mertuaku, si mamer sempat awal tahun ini ke Balige dan taman Simalem, Taman simalem asli cakeeeep banget, Balige juga cantik! Tapi.. ada tapi-nya nih.. tempat mereka nginep di Balige ( hotel yang daku incer2 buat nginep ) agak spooky. Menurut mamer ku ya namanya juga sekitaran masih hutan dan sepi-sepi otomatis masih banyak penunggu ya * iya mamer ku lumayan tajem instingnya dan dulu malah beberapa kali suka liat penampakan *.. Ya elah.. menantunya nyali ciut begini ye, diceritain spooky ya jadi melempem, tonce pula paling ga suka kalo udah di ceritain yang spooky trus tetep mau datengin tempatnya, prinsip tonce : ga usah ngeganggu kalo gak mau di ganggu.

So sepertinya Balige agak di setip dulu dari list, taman simalem lah yang masih mupeng berat. *tapi kayanya tonce bakal kram dan kejang kakinya kalo nyetir dari sini sampe taman simalem ya hahahaha tonce sempet ngecek dari GPS, berapa jauh lagi ke taman simalem dari berastagi… langsung di close GPS nya dan pasang muka memelas supaya istri jangan minta ke taman simalem πŸ˜†

Akhirnya melipir ke Taman Alam Lumbini πŸ˜€TAL1

Taman Alam Lumbini ini dekeeeet aje sama Berastagi. Jadi kalau mau ke Berastagi pas pertigaan ketemu tugu Jeruk, ke kanan ke Berastagi, kiri ke Taman Lumbini, ga jauh, paling 15 menit dari tugu Jeruk itu kalau naik mobil, ada gang 1 jalur ke kanan, pas kemarin sih masih jalan berbatu ya, belok masuk situ kanan kiri kebun kembang kol πŸ˜€ Keliatan deh parkiran tamannya.TAL2

Gak ada biaya masuk, cukup tulis nama di buku tamu pos satpam saja. Kalau mau masuk ke area Pagodanya, copot sendal n sepatu. Pas kita dateng untungnya ga begitu rame ya, dan ada beberapa rombongan yang lagi foto-foto di depan hmmm sebutnya apa ya, altar kali ya. Oh iya daku kan pake dress tuh, sengaja, soalnya daripada pake celana pendek err ga sopan ya, maksudnya gini, memang sih judulnya Taman Alam Lumbini, bukan Pagoda or Vihara Lumbini, tapi kan ada pagodanya dan juga di pergunakan umat2 Budhis untuk beribadah disana, jadi berpakaian sopan lebih disarankan supaya ya saling menghormati lah. Kita bertamu ke rumah orang kan mesti sopan :D. Eh tapi, rok saya masih itungan mini ternyata hehehe jadi di pinjemin kain sarung pas masuk pagodanya.

Kita ga foto2 di dalem pagodanya, hmm tonce ga begitu sreg, pas di penang juga kan ke vihara thailand tonce ga mau tuh daku ajak foto2. Cuma ada 1 itu pun di deket2 pintu masuk. Memang sih waktu itu ketemu turis agak kurang toleransi ya. Viharanya kan sedang ada event, jadi ada umat buddhis juga yang lagi beribadah..eeeh ini turis cuek aja ,pose2 di deket umat yang beribadah ini pula, plus berisik, rempong deh liatnya, trus heboh gitu ke sana ke sini pose di tiap patung patung, booook itu ada yang mau ibadah masa mesti nungguin dia selesai foto dulu sih di depan patungnya. Β Jadi tonce udah bete duluan ngeliatnya. Foto-foto sih okey, tapi jangan sampe ngeganggu yang beribadah πŸ˜‰TAL3

Selain Pagoda, disini juga ada taman yang lumayan gempor ya ngeliat tangganya begitu banyak hahahaha seruuu sih, tapi tonce cuma geleng-geleng pas me ajak nyusuri tangga turun ke taman bawah * ya iyalahhhh dia yang nyetir mobil dari kemaren ini lagi disuruh olahraga naik turun tangga hahaha mana mau* Akhirnya sih me sama tonce ya duduk ca’em aja bentar, plus nguji nyali lewatin jembatan gantung hahaha jadi inget jembatan gantung di Kebun raya Bogor.Β TAL4

Lumayan lemes juga kaki pas ditengah-tengah, goyang-goyang kanan kiri, sambil ketawa-ketawa tonce bilang : ini mammy mu pastiiii ga bakalan mau lewat nih jembatan hahaha. Si mammy mah ya, nyebrang jembatan busway aja ngilu kakinya, genggem tangan anaknya kenceng pula, makanya keajaiban banget di spore kemaren si mammy ngajak naik kereta gantung πŸ˜† anak menantu dan suami sampe cengo.

Overall, Taman Alam Lumbini terawat rapi. Bersih pula. Notes kalo pergi sama ibu-ibu or bapak-bapak, mungkin ga bisa muter2 tamannya sampe bawah ya.. gede lhoo ini tempatnya. Anak kecil juga mesti di pegangin terus, tangga-tangga buk, serem juga ya kalo lari-lari aduh amit-amit itu tangga lumayan panjang track nya.

monkimonkiBonus : hahaha apaan nih bonus malahan foto monki πŸ˜† Pertama kali me ke Berastagi tuh tahun 2009, sama keluarga besar tonce, dasar anak kota ya, yang berbekas dalam ingatan itu me girang liat monki2 berkeliaran di jalan2 menuju berastagi :D, jadi inget dulu pas masih SD kalo ke cibubur, masih suka liat monki2 di deket perkemahan pramuka. Kok di rantau sepanjang jalan ke medan kaga pernah liat monki ya? burung pernah ya liat sekali cakeeep banget, ekornya panjang, trus paruhnya gede warna kuning2.. nangkring di kabel listrik di daerah kebun sawit. Nah pas kemaren menuju berastagi cuma liat 1 mongki, mungkin karena udah sore ya mongkinya ga berkeliaran, pas pulang menuju medan kan siang2 jam 12an ya, eeeeh ngeliat mongki 4 menclok begini, tonce inisiatif minggir dan bilang : sana.. kamu mau foto kan monkinya πŸ˜† jangan lama2, jangan deket2 ntar di kejer lhooo.. Ini ya serasa kado birthday yang absurb hahaha dikasih ijin suami buat turun mobil demi motret mongki. Agak was2 juga hahaha takutnya ntar ada monki dari belakang lompat haiyaaah bisa trauma seumur idup πŸ˜† pas foto-foto si monki kok ada gelagat mau turun nyebrang ke arah daku, lgsg me buru2 lari masuk mobil. Siang-siang ternyata lebih banyak monki berkeliaran, sayang ya abis itu jalanan aga rame, jadi ga bisa seenak jidat di tikungan minta tonce berhenti :p

Advertisements

20 thoughts on “bits of Berastagi : Taman Alam Lumbini

  1. Fascha says:

    aku juga malas deh kalo jalan2 terlalu banyak trus pake ada tangga2nya lagi … kudu sangu air minm banyak2 kaya’nya πŸ˜€
    itu monyet2nya kaya dikomando yah, lucu banget πŸ™‚ hihihi

  2. nyonyasepatu says:

    Aku malah belon kesini nih abis pengennya pas waisak trus ngelepasin lampion gitu Me😊 tapi matt ogah, dia bilang udah kertas dibakar2, bikin bny karbon berkeliaran huhu. Payahhhhhh

  3. Baginda Ratu says:

    Di borobudur jg kan gitu ya, Me? Orang sibuk popotoan pas ada perayaan waisak, smp ngeganggu para biksu yg mau ibadah. Iihhh, nggak banget, lah! Belum pernah ke sumatra utara, tp liat foto2 kamu, aku jd pengen kesana…. *muka pengenan* πŸ˜†

    • me chan says:

      iya aku juga sempet baca berita waisak di borobudur.. walaupun aku bukan umat buddhis, tetep aja ngerasa ngenes, yaa mau agama apapun juga, klo lagi ibadah di foto2 sampe di pantengin di depan muka dan di keker-keker kan nganggu yah.

      Yukssss ke Sumut πŸ™‚ disini cakep2 viewnya, eh tapi di bandung sekitaran juga ca’eeeeem.. *kangeeeen garut

      • Baginda Ratu says:

        bandung udah nyaris sama kayak jekardah, Me… maceetttt… huhuhu…
        garut boleh juga, cuma jln rancaekek dan sekitarnya itu jg wassalam kalo lg macet…. 😦

    • me chan says:

      pagoda nya ngikut yang di myanmar vir πŸ™‚ tapi emang 11 12 ya sama thailand, mudah2an bs segera ke thailand bust studi banding * wkwkwkwk alesan aja

  4. mamipapa says:

    gak sangka ada pagoda kaya gitu di sumatra utara, eh tapi di lembang juga ada vihara gede banget…semua serasa di thailand padahal gw gak pernah ke thailand maupun myanmar hahaha…

    btw gw takut sama mongki walaupun shionya sama hahahaha takut di toplok gitu loh..

    • me chan says:

      ah iya ci, vipasana di lembang πŸ™‚ dulu aku pernah lepas kelinci ku di sana, pas ketemu bhante yang pelihara kelinci, trus nanya2 boleh ga aku lepas kelinci ku di situ, bhante nya mau lho pelihara ci, pas kelinci bu baru melahirkan, ampir 20 kelinci dirumah hahaha keder..

      aku juga ga brani deket ci hahaha

  5. yeklin says:

    salam kenal me.. selama ini cuma silent reader doank. πŸ˜€
    foto taman lumbininya bagus banget ya..
    gw udah beberapa kali ke taman lumbini, tapi cuma pertama kali doank yg jalan menelusuri tamannya dari bawah sampai naik ke atas yang ada taman bermain anak2. setelah itu gak pernah turun lagi, kapok deh cukup sekali doank. pegel soalnya. hehehe..

Hello :) thank you for reading..

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s