Dimsum series : Siomay

Lanjut di dimsum series.. #gaya dikit..

PS : kalo lagi pengen ribet, coba bikin kulit pangsit sendiri deh 😀 lebih puas makannya, tapi kalo mau yang praktis beli kulit pangsit jadi aja

siomay1Bahan modifikasi
Isi
250 gram daging ayam cincang
150 gram udang kupas cincang kasar
75 gram bengkuang, cincang
2 black fungus, rendam 30 menit lalu iris2 kecil. ( menurut resep asli pakai 2 jamur hioko)
1 sdm angciu ( ini selera sih, kalo me kemaren ga pake angciu sama sekali )
2 sdm tepung kanji
1 butir telur
1 sdm kecap manis
1 sdm minyak wijen
1 sdt gula pasir
1 1/2 sdt garam
1 1/2 sdt merica

campur rata semua bahan isi, lalu simpan di lemari es selama +/- 1 jam.

Kulit
15-20 lembar Kulit pangsit

Caranya :
1. taruh sekitar 1 sdm bahan isi di tengah2 kulit pangsit, lalu tarik sisi2nya. Gunting lebihan kulitnya *pernah baca dimana ya kalo jangan ada lebihan kulitnya*
2. cara gampangnya : pake cetakan cupcake hahahahasiomay2
3. Lalu kukus selama 15 menit ato sampe keliatan berubah warna dagingnya 🙂

Menurut resep jadinya sekitar 20 siomay , kemarin me jadi sekitar 15 siomay hahaha kayanya karena kegedean bikinnya 😀siomay3

tuh kan kelebihan kulitnya bikin ga cakep ya (T.T) dan jadi agak keras gitu. bener2 kudu di gunting sampe berbatasan sama adonannya. Oh ya left over siomaynya me masukin ke freezer, besoknya 1 jam sebelum dikukus baru me pindahin ke lemari es bawah. Dan bengkuangnya enak deh, jadi ada krecek2 nyes gitu di siomaynya 😀 tinggal cocol pake sambel belibis, beeeuh enaaak * makan sambil ujan2 dan nonton korea *

Terus karena kerajinan ( tapi sok tau ) me pikir supaya ga nempel2 siomaynya di piring, klo makan di resto kan di lapisin kertas tuh… nah me lapisin kertas piringnya. pas mateng.. Tetep aja nempel wkwkwkwk nempel sama kertasnya mirrriiip kaya bakpao , dudul deh ah. trus pas tonce liat… “yank, kalo dimsum kan pakenya kertas minyak biar ga nempel, bukan kertas roti begini…” plak deh ah me chan (T.T) Untung enak2 aja dimsumnya, kalo ga jadi korban ketawa lagi deh buat tonce..

 PS2 : horeeee kemarin akhire postcard dari bebe tiba *joget-joget* tp belom sempet pindahin fotonya ke pc.. Makacih Bebe *kecupkecupkecup*

Advertisements

13 thoughts on “Dimsum series : Siomay

    • me chan says:

      hahahaha iya suka kumat males fotonya.. selesai masak langsung hap hap hap lupa deh belom di foto :p

      pengen bikin hakau tapi mau cari tepungnya dulu 😀

  1. Candela says:

    Thank you resepnya ya, Meee!! Pake fungus & bengkoang, aku belom pernah coba. Tapi kayanya enak. Btw, itu ide pake cetakan cupcakes sih mantep banget loh hehehe… Kepikiran aja.

    • me chan says:

      hahahaha iya pas nengok liat cetakan cupcake, eh bisa kg ya, daripada ribet di bentuk2in *si pemalas yak hahahaha

      enak ternyata pake bengkoang 😀 diresepnya bisa pake bengkoang ato rebung.

  2. melissa says:

    kmrn gw jg bikin siomay, tp krn gak ada cetakan akhirnya pada nempel2 di dandang. mo moto jd males hahaha.. btw knapa ya hrs dimasukin ke lemari es 1 jam? kmrn gw langsung kukus :p

Hello :) thank you for reading..

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s