Happy Ya Ya Ya, Happy Ye Ye Ye

aku senang.. sebentar lagi mudikkkk.. Image

tonce sendiri udah setahun lebih ga ke jakarta *kaya jauh bener aja ya.. padahal mah masih 1 negara, tetanggaan pulau pula*.. Kira-kira beginilah percakapan sehari-hari sama tonce : yank, ntar aku mau makan ramen, sushi, steak, pempek, dimsum, ke CP, ke PS, ke GI, ke Puncak, ke Bogor, dan seterusnya.. Yah yank, kaya kamu pulang jakarta sebulan aja hahaha lah cuman seminggu ini.. Etapi, istrinya tetep dijakarta sampe.. April HAHAHAHA biarlah daku ngecap hawa kota lagi 😀 *nah kaya gini nih tonce pasti ngomong : enakannnn? makanya udah ga usah kerja kantoran ya di rantau..

Trus gimana nih ntar miffy ya? Nitip ke tetangga tapi lagi dillema sama tonce, abisan miffy lagi nakaaal senakal nakalnya. Lagi suka kabur dari kandangnya. Beneran deh nih, mesti boyongan kandang kelinci dari jakarta ntar. Mau beli di medan sayang, soale di bojong me masih sisa 2 ato 3 kandang kelinci yang udah ga kepake.. Psst dulu sempet kelinci me beranak pinak sampe 20 ekor hahaha me ga jual, tapi kasih ke orang yang bener-bener mau rawat n harus janji dulu sama nyokap kalo si kelinci ga akan dijual atopun di ternakin buat anaknya di jual lagi. No no no.. kasian kelinci gampang hamil, beranak mulu ntar cepet mati 😦

Eniwei.. hawa-hawa imlek disini masih kental. Beda kalo di jakarta, paling 2 ato 3 hari aja setelah hari H. Di rantau masih berasa.. Trus ternyata disini ada tradisi, jadi saat imlek, temen-temen kantor akan berkunjung kerumah temen yang merayakan imlek, walaupun berbeda agama, tetep mereka bersilahturami 🙂 Hebat ya disini, toleransi dan tenggang rasanya bagus banget. Demikian juga pas lebaran, tiap hari giliran berkunjung ke rumah teman yang merayakan loh. Tahun lalu me sama tonce ga tau dan ga sempet ngerasain, karena kan dadakan langsung pulang jakarta. Nah tahun ini kita terbingung-bingung saat temen kantor tonce pada nanya kapan kita open house? Heee kata tonce oke-oke besok ya, dan dikira yang dateng yang imlekan aja, which is palingan 6-7 orang, plus bilang tonce mau masak spagetti. Pas pagi hari H, tonce gradak grusuk pulang ke mess sambil bilang : Yank! ntar bisa 50 orang yang dateng loh. HaaaaaH! istri langsung pingsan, lah ga ada persiapan, trus masak spagetti buat 50 orang? maaaak ga ada piring LOL

Langsung ke supermarket, belanja belenji, kira-kira masak untuk 25 orang deh, yang lain ntar kita pesen mie aja hahaha, soale yang dateng kan juga ada yang muslim , jadi kita masak yang halal-halal aja, masakan khas imlek macem mie goreng bosen kali ya pada :D.. Bikin es buah, beli kacang, kuaci.. Ga ada nastar dkk, karena ya ga sempet lah bikin lagi hahaha.. Ternyata pas dateng-dateng sekitar 20an orang, ga jadi 50 hahahaha entah mungkin sungkan kali ya. Tapi juga ternyata kita pun salah, besoknya saat tetangga mess yang open house, dia keluarin meja panjang di halaman, jadi yang dateng muat banyak dan ga sungkan-sungkan.. oke oke noted, tahun depan kita juga keluarin meja panjang dan pesta ya wkwkwkwk..

Dan karena ngumpul-ngumpul.. me jadi ngeh ada 1 gagap bahasa yang terjadi disini LOL.. Kalo Kereta bahasa inggrisnya apa coba? Train kan :D.. Nah kemarin anak temen kantor tonce main tebak-tebakan sama me, dia nanya bahasa inggris kereta apa? me jawab train donk, dia bilang bukaaaan, tapi motorcycle! Tonce sama ortu si anak langsung ketawa ngakak. Jadi di rantau ( dan juga medan ) Motor itu disebutnya Kereta atau honda. Kalo kereta api, mereka sebutnya lengkap : kereta api hahahaha. kebayang ga bisa miskom sama orang-orang dari pulau jawa ini hahaha.. Hati-hati, dikiri ada kereta! kita mah reflek nyarinya rel kereta api donk ya hahaha mana reflek motor :p Nah kalo bahasa inggris becak apa? bingung juga me jawabnya.. lupa lupa inget, rickshaw apa trishaw ya hahaha me jawab rickshaw. Salah dah tuh anak selamanya bakalan salah inget becak hahahaha.. Kalo becak motor apa donk bahasa inggrisnya? motorshaw kah?

Yang bikin me cocok sama anak-anak itu adalah, mereka ga bisa bahasa hokian wkwkwkwk *husssh, malah ngakak* senasib sama me deh, rupanya, mereka sempet di jakarta dari lahir, dan baru beberapa tahun balik ke rantau. Jadi menurut papi maminya, anak-anaknya bener-bener tipikal anak jakarta, yang cuma bisa bahasa indonesia doank. Uhh dede dede, senasib deh sama tante.. * mari berpelukan*  me sampe bilang tonce, kasian ya, mereka disekolah kalo temen ngobrol pake hokian mana ngerti ya. 😦 me aja udah gerah ga ngerti hokian, rasanya kalo ada doraemon, me bakal telen pil ajaib apa kek yang bikin sim salabim ngerti deh sama bahasa hokian hehehe

Gagap bahasa lainnya adalah abang dan kakak. Kalo di jakarta, abang identik dengan kakak laki-laki kan, atau seseorang yang dituakan, atau panggilan buat suami maupun anak laki-laki. Kakak ya kakak :D. Nah di sini aga berbeda di kakaknya. Kakak itu bisa merujuk jadi Istri. Jadi misalnya pas beli mie aceh, tonce di tanya nih sama yg jual, loh kakak mana bang? berarti itu nanya istrinya mana.. gitu.. Terus klo misalnya turut berduka cita, kita kan spesifik seperti karena kematian, atau mungkin kemalingan, nah disini namanya Kemalangan. Mau itu kematian, kecelakaan, kemalingan, kena tipu disebutnya sama : Kemalangan. Unik ya. Padahal bahasa ya sama-sama bahasa indonesia, tapi beda pulau, udah beda penggunaannya. Jadi inget pas jaman kuliah, me ada temen deket dari luar pulau Jawa. Nah suatu hari pas pelajaran gambar menggambar, me mau serut pensil warna, me bilang :

a : pinjem serutan donk..
b : eh mana kerikan?
c : bentar me chan, mana ya rautan ku ya?
d : cari pengasah ya me chan?

Pengasah?? Hahahaha mendadak malah ngakak rame-rame.. Okelah serutan, kerikan, rautan masih akrab di telinga, lah ini tiba-tiba temen me ngomongnya pengasah. Serasa mau ngasah pisau, bukan pensil hahahaha.. Kasian juga diketawain *dan jadi bahan becandaan sampe sekarang hihihi* tapi emang dari situ baru ngeh, beda daerah beda pula ngomongnya. Seru lah, abis itu kalo pensil tumpul kita mah nyarinya pengasah bukan serutan lagi wkwkwkwk.. Kapan-kapan me inget2 lagi ya ada gagap bahasa apalagi hahaha.

Can’t wait to go home village :p

Advertisements

25 thoughts on “Happy Ya Ya Ya, Happy Ye Ye Ye

  1. AYJ says:

    Hahahahaha…pengasahan??? kalo di Makassar bilangnya pengkorok ato korokan. Mirip2 kerikan lah….pas aku kerja di Jakarta, susah banget mau nyari tau kalo di Jakarta bilangnya apa ya? ternyata serutan ato rautan…hahahaa…

    • himerin says:

      hahahaha korokan masih mirip2 sama kerikan ya..Lucu ya, beda daerah sebutnya beda pula, padahal sama-sama rautan pensil :D.. ah penasaran ntar mau nyari tau kalo di rantau sebutnya apa hihihihi

  2. Chelle Handojo says:

    hahaha aku juga punya tuh temen orang Medan, terus status fb nya di apdet sama papanya bilang kalo dia habis naek kereta dan jatuh dan hpnya ilang.. nah kita temen2nya yang di Jawa langsung panik, gimana bisa naek kereta jatuh.. kan kereta di banyangan kita cepet gitu yah.. pokoknya sampe bener-bener panik gitu mana kan ngga bis adi kontak hpnya, message fb kaga dibales2 sama papanya.. tau-tau besoknya dia nanya kenapa panik orang kan jatuh dari kereta itu biasa.. kita jadi bingung, dan begitu di jelasin langsung deh ngakak hahaha

  3. Melissa Octoviani says:

    biasanya orang pulang kampung ke daerah, kalo me kebalikannya ya hehehe… kalo ke GI, PS, CP, dan mall elit lainnya….jangan kaget kalo parkirannya mahal.. uda 4000 sekarang hahahaha…

    btw, yg bilang pengasah sapa me? hehehehe… *penasaran*

    • himerin says:

      hahahaha iya ya.. brarti pulang kota ya mel, bukan pulang kampung wkwkwk.. aduh iye loh me juga udah mikir2 ini, ke mall bisa mejret keluar duitnya, mana kan kalap ya udah lama ga liat ‘gedung tinggi’ wkwkwk

      hahaha age chan mel, dulu dia sering jadi korban sama kita2 :p sekarang gantian dia yg bully-bully me 😀

    • himerin says:

      oooh ongkotan ya klo di jawa.. daddyku jg org jawa, tapi ndak inget aku klo bilangnya ongkotan 😀

      iya orang medan dan sekitarnya, bahasanya lebih ke arah melayu ya..

  4. mamipapa says:

    jd inget dl kecil ada tukang asah kl teriak asah piso gunting hahahha…
    sama nih gak bs bhs hokkian juga, kl denger ada yg ngomong lgs pusing 7 keliling, pas di penang semua pd ngom hokkian, pas blg kaga bs pd cengok….hehehe di pikir penduduk sana yah seluruh org indo tuh bs bhs hokkian T_T

    • himerin says:

      iya ci, mungkin karena org2 medan yang banyak berobat kesana ya, baru beberapa tahun terakhir ini org surabaya dan jakarta mulai berobat ke penang.. Yang aku denger2, akhir-akhir ini orang medan mulai pindah haluan berobatnya ke Melaka ci..

      klo aku, uda di ajarin dikit2 jadi bisa pesen makan ato minum pake hokian, tapi pas di tanya balik misalnya mau pake sambel ga atau pertanyaan lainnya, lgsg deh oke-oke aja hahahaha ga ngerti soalnya :p

  5. bebe' says:

    Hahahha.. List tempat2 yang mau didatengin banyak yaaa.. Aku juga..
    Bahasanya udah mirip2 bahasa melayu gitu ya kalo di daerah sumatra. Tapi ngebayanin juga sih motor disebutnya kereta. Hahaha..

  6. Arman says:

    iya kalo di rantau emang biasanya lebih kental silaturahmi nya .karena mungkin sama2 semuanya kangen ngumpul2 sama keluarga kali ya… 🙂
    seru dong kalo sampe pesta ntar taun depan! hehehe

    have fun ya di jakarta!!! moga2 kesampean semua plan nya. hehehe.

  7. ludovira says:

    me…y owoh… gueh ngakak donk, pas buka post nya ada org joget-joget ga brenti2…
    hahahaha…

    waaaaa, pasti ga sabar deh… klo gueh mah pasti nyambangin bioskop… hihihihihihi…

  8. yance says:

    wahh bener me…kalo di daerah emang tali silatuhrahminya kuat banget yahh…enak juga sih keliling2, perut bakal kenyang tuh…hihihiihi
    hahahhaa…lucu2 yah istilahnya….kerikan lah..pengasah lah…macem macem aja.
    busettt….si tonce bakal ditinggalin berapa bulan tuhh? lamaa benerr pulang kampung nya…hehehehe

    • himerin says:

      Hahaha iya ci, pada cerita yg cewe2 katanya udah naek beberapa kilo gara2 seminggu full pulang kerja ngumpul makan melulu hihihihi

      Hahaha tonce di tinggal sebulan ci, kan maret aja kita tidak berjumpa hihihi kalo kelamaan takutnya di pecut sama mertuo 😀

  9. Noella says:

    Ame channnnn.. Hahahaha jadi ingat masa2 kuliah ya (:maluuu) hahaha kemarin ge baru save photo dr Fb agi yg kita main gokart.. Miss that time yo

    • himerin says:

      berarti… age baca dari postingan pertama???? hahaha banyak bener ge channnnn 😀

      iya.. really miss that time ya tiap hari curhat galau-galau sambil makan siang..

Hello :) thank you for reading..

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s