Day 3 : Surut !

Dari semalem, memang udah ga bisa kontakan sama family di jakarta, terakhir kabarnya bonyok dan vlen udah ngungsi kerumah sodara yang ada lotengnya. Sodara2 me dan teman2nya lagi pada ke Puri mall donk, ngerobok banjir sampe deket ringroad, disana mereka naik truk ( kayanya sih truk dari proyek tante me ).. Vlen ga ikut, karena katanya capek jadi dia istirahat tidur siang. Dari tadi pagi me telpon semua hape ga ada yang masuk, mailbox semua, di bbmin juga cuman centang doank ga ada yg delivered.. Yah me pikir jaringan lagi ngaco deh nih, soalnya setau me malem mereka pada pasang genset, jadi harusnya bisa ngecharge hape.

Kira-kira jam 11an, eh vlen nelpon dari telpon rumah ( saat2 kaya gini baru deh berasa guna nya telpon rumah lagi hahaha ) Mereka udah selesai bersih bersih rumah.. Puji Tuhan tadi pagi udah surut, pas dapet kabar langsung buru2 pulang, soalnya paling enak ( masih ada ya enaknya 😀 ) bersihin sisa banjir itu saat belum surut2 amet, alias masih kecipak kecipuk airnya, sekaliar bisa di sorok lumpurnya kedepan, ngalir sama air banijr 😀 *namanya juga pengalaman yee banjir hahahaha. Sayang, sampe rumah vlen cerita air bener2 udah kering di dalem, sisa di jalanan aja, nah me emang nelponin dari pagi tuh mau bilang, cari mas2 bayar bantuin bersihin rumah aja, ga tega mikirin cuma bertigaan mesti beresin rumah. Untungnya kata vlen tukang2 tante me lagi nganggur ( kan banjir di proyek ga bisa kerja ) jadi dikerahkan buat bantuin beresin. Puji Tuhan.. ada aja pertolongan, setiap kekhawatiran me pun berubah jadi lega.. Terimakasih Tuhan mengirimkan orang2 yang baik di sekeliling keluarga ku. Dan sodara2 pun pada bantuin juga.. owhhh Ga henti2nya me bersyukur..

Image

Selesai beberes, mereka ber 15 katanya naik mobil pick up ke Puri mall hahaha, emang deh, mereka tuh tau banget cara ‘tetep bahagia’ dikala susah :’) Plus makan es doger pula.. mantep yee abis capek capek beberes trus makan es doger hihihihi Tapi tetep mereka waspada banjir ‘susulan’ yang katanya sih Jakarta masih rawan banjir nih sampe 27 januari yang di perkirakan karena bulan purnama, air laut pasang, so air terjebak di jakarta deh.

Anyway, sekedar info aja.. yah walopun di internet juga bertebaran ya info2 banjir tapi yang me tau, kawasan grogol masih banjir ( beberapa temen disana memilih ngungsi hari ini ), Duta mas, Pesing juga masih banjir.. Dan yang me ga habis pikir, kawasan Pluit kok naik air nya.. malah di berita katanya beberapa tempat hampir 2 meter, tadi juga sempet dikirimin foto sama mami, Pluit village aka megamall juga kerendem banjir, ada pula temen posting foto di FB mobil alphard kelelep di daerah pantai mutiara keliatannya ya, di berita TV jg tadi di syut mobil entah ferarri ato lamborghini ya ( me cuma liat sekilas sambil lewat doank ) juga kerendem.. alamak..

Semoga daerah2 lain yang masih banjir pun segera surut… Oh dan ada 2 tips pengalaman dari korban banjir nih 😀 :

  1. Pilih perabotan dari kayu jati 😀 atau efisiennya ga usah pake lemari baju, baju2 di susun di rak kontainer, kalo mau banjir, tinggal di lepas 1-1 dari raknya, dan di susun di lantai aja, nanti dia ngambang kok, malah aman, baju2 ga kena air 😀 tas2 juga aman. Tapi inget, kontainernya jangan di tumpuk tumpuk (-.-“) kalo ditumpuk mah sama aja kelelep ( pengalaman pribadi hahaha)
  2. Kosongin Kulkas buibu pakbapak.. Suer bau telor pecah di dalem kulkas plus kerendem banjir seminggu itu sangat sangat sangat busuuk. Mending telor dan bumbu2 di taro di baskom plastik aja, ngapung2 deh di dalem rumah 😀
  3. Jangan taro barang diatas kulkas apalagi kalo banjir sampe setinggi dada ato lebih, itu kulkas bakal ngapung dann jatuhlah semua barang keair.. Nah kalo Lemari kayu, mending di tumpuk sebanyak-banyaknya, tapi ya tetep ada kemungkinan bakal oleng dan byur jatuh ke air. Trik paling aman : ngapungin kontainer 😀
  4. Punya ikan? tenang aja, kemungkinan besar ikannya tetep bakal idup, asal cepatlah pulang sebelum air kering, pindahin akuarium deket2 kamar sebelumnya :D, dulu tahun 2007 ikan mas koki me temukan berenang renang di dalem kamar, Pas air masih sepaha, idih ampe histeris kaget ada yang berenang nyenggol kaki ( pan serem uler or kecoak ato kelabang.. paling bener tunggu surut sampe kecipak kecipuk (5cm) ikannya mulai kelepek kelepek, gampang deh ditangkepnya 😀  
  5. Jangan tidur didalem kamar kurang lebih 1 bulan ato sampe anyep-anyepnya beneran ilang, taruh penyerab lembab di sudut sudut tembok terutama, kalo pun mau tidur dikamar, tunggu semingguan dulu dan pintu kamar di buka.
  6. Pel rumah pake karbol, cuci barang pake dettol, sering cuci kaki. Hati-hati hindari jangan sampai tergores, baret ato luka, kalo amit2 sampe luka, langsung bersihin pake alkohol, habis banjir biasanya banyak yang sakit dari kutu air sampe paru-paru basah.
  7. Ada dana lebih? beli es krim literan. Hahahaha nikmat banget tau, abis cape2 bersihin rumah trus makan es krim.. maknyes maknyes seger 😀
Advertisements

8 thoughts on “Day 3 : Surut !

    • himerin says:

      Iya gw jg sedih baca berita korban jiwa nya lumayan byk jg ya.. duh mel, kisah nyata gw sebagai anak bojong yg langganan banjir 5 taon hahaha pdhl di bilang bantaran kali banget ya kaga, komplek nya model panci sih ya.. jadi airnya ketampung deh..

  1. Melissa Octoviani says:

    iya me, paling males kalo banjir itu bersihinnya… amit amit dah… lumpur, sampah, binatang2 kecil, semuanya ngumpul gitu di rumah… waktu banjir gede 5 taon lalu, rumah gua kan belom ditinggiin dan ga ada lantai duanya, kata bokap gua yg sempet ngobok buat pulang, itu kulkas ampe ngapung2… hahahaha…

    untung taon ini ga masuk rumah, tapi gua tetep ngungsi… abis mati lampu, air tinggal dikit, gas juga tinggal dikit…

    • himerin says:

      Iya mel..segala rupa serangga keluar ya klo banjir *merindinnnng… hahahaha sayang ya jaman 2007 itu gw kok ga fotoin isi rumah gw yg kacao balau, kulkas dr di dapur, kandas di deket kamar hahaha belom pula baskom2 yang nyasar sampe masuk kamar.. ih sampe rasanya me pengen ngucap : mam, pindah rumah aja yuk, tinggalin aja rumah begini hahahahaha mumet mau mulai beresin dr mana mel.. untung kmrn ini banjirnya masuk rumah sebetis aja hehehe*masih pake untung pula

Hello :) thank you for reading..

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s