Cooking : Cheesy Tuna Korokke ‘berdarah’

Lebay abis judule hahahaha tapi emang bikinnya sampe jempol berdarah tadi (T.T)
Kayanya hari ini emang ga boleh masak, ribet bener dari tadi mau masak korokke ini ( curiganya sih kroket ini mah ) banyak bener ‘halangan’ alias kedodolan me.
Resepnya dari salah satu iklan merek mayonaise di majalah, pas dirumah ada kentang yang tadi nya mau dibikin perkedel tapi tonce lupa beli daging terus, akhirnya iseng nawarin tonce mo nyoba resep baru ga πŸ™‚

kedodolan #1
Harusnya sih, ini termasuk gampang, masalah kukus2 kentang dari dulu bikin perkedel ya juga uda tau ngupasnya. Entah ya hari ini heraaan bener, kentang udah me kukus, 30 menit ada, trus me tusuk pula pake pisau, ditusuk udah mateng, me angkat donk, dinginin bentar, terus copotin kulitnya, pas lagi mau halusin kentangnya.. Astajim, keras bener itu kentang, dari pake garpu sampe geprokan daging, tetep bulet aja itu kentang ( ya benyek diiiikiiiit doang tapi ), keseeel sampe pegel ga bisa halus, me coba potong terus gigit, BLAH masih setengah mentah itu kentang. Pantesan daritadi kaga bisa di halusin.
Akhirnya kentang yang udah me potong-potong itu me kukus ulang.

kedodolan #2
Pikir sambil nunggu kentang di kukus lagi, me mo langsung numis aja tuna dan kawan-kawannya. Ikan tuna udah me keluarin dari kulkas sebelum mulai kukus kentang, harusnya udah ‘lumer’ donk ya. Pas buka plastiknya ( tonce beli langsung dimasukin ke kulkas pake plastik supermarketnya, jadi 2 lapis plastik ).. Jreeeeng, bukan tuna donk yang me keluarin, tapi Cincau Item.. packingnya sama si tuna sama-sama pake stereofoamΒ Β (T.T) AAAAA si tuna masih membeku dalam freezer. *pengen jedukin kepalaaaaaaa

kedodolan #3
Setelah Tuna lumer, mulai lah me manasin minyak olive buat numis, sementara si kentang tetep me kukus ( boddoooo biar lembeeeek ), masukin bawang putih, ngesot liat bbm yg daritadi bunyi, cuma ngintip aja sekilas, nengok liat bawang putih.. udah jadi bawang item (T.T) padahal ga sampe semenit pegang bb nya, minyaknya kepanasan huhuhuhu.. baru kali ini kegosongan numis bawang putih. trus dodolnya lagi, lupa loh marut keju, padahal keju di liatin dari tadi, tapi ga brasa kelupaan ya. Akhirnya tonce pergi beli bawang putih ( itu tadi tinggal 2 siung bawang terakhir hahaha ) trus bantuin potong2 dan marut keju.

kedodolan #4
Tonce nyari parutan ga ketemu, semua uda me tumis, tinggal nambahin keju, jadi matiin kompor, me cari itu parutan, langsung ketemu, padahal tadi tonce buka itu laci, bilangnya ga ada.. sambil ngeledekin tonce karena me langsung ketemu parutannya, me ambil dan tutup laci.. AAAAAA jempol kejepit laci sampe berdarah dikit ujung kukunya. Terus me kompres pake es batu, Amboiiii perihnya makjaaang. Darahnya sih langsung berhenti. ( kualat kayanya ngeledekin suami disaat dia lagi bantuin masak hahaha )

Ada apa dengan korokke iniii????

Untungnya.. enak ini korokke, semua kesel-kesel masak ilang pas maknyels berasa kejuuu dan tuna nya nyam nyam nyam..

Bahan Modifikasi sendiri :

  • 5 buah kentang ukuran sekepalan tangan me ( hahahaha )
  • Bawang putih 2-3 siung, di cincang
  • 200 gram tuna, di blender alus
  • 150 gram wortel, cincang
  • 3 lembar black fungus kecil, rendam, iris kecil
  • 100-150 ml mayonaise thousand island maestro
  • 2 butir telur
  • 1 pak ukuran 180 gram keju Kraft quick melt, parut lalu bagi dua bagian.
  • Merica hitam secukupnya kira-kira 1sdt
  • Garam secukupnya kira-kira 1/2 sdt ( nanti di cobain dulu, kadang garam yg baru di buka bungkusnya suka lebih asin )
  • Minyak olive untuk menumis secukupnya ( 2 sdm )

Bahan Pelapis :

  • tepung terigu secukupnya,
  • telur 1 butir kocok lepas
  • tepung panir secukupnya.

Cara membuat :

  • Kukus kentang sampai matang, kupas, lalu haluskan.
  • Panaskan minyak, tumis bawang putih hingga harum, masukan wortel, black fungus oseng-oseng..Β 
  • lalu masukan tuna oseng-oseng,sampai berubah warna jadi putih,Β 
  • masukan keju 1 bagian, aduk rata, masukan telur,aduk rata.
  • Tuang mayonaise, aduk rata.
  • Campurkan kentang halus ke dalam tumisan tuna. Masukkan keju lagi, campur rata. Matikan api kompor.
  • Tunggu sampai panasnya hilang, lalu bentuk bulat (sesuai selera sendiri ) dengan sendok.
  • Lumuri dengan tepung terigu, lalu celup ke dalam telur, balur rata tepung panir. Goreng hingga coklat keemasan.

Note : ini adonan kentang jadinya buanyak. setelah dingin, me pisahin yang mau me simpen buat besok me tutup plastik wrap masukin kulkas. Kalau lagi ga mau masak goreng-gorengan, langsung dimakan juga udah enak kentangnya πŸ˜€

Advertisements

Hello :) thank you for reading..

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s