Baking : Pandan Butter Cake

Jadi.. setelah tonce sukses dengan resep roti dari blog mba Hesti 
Me nyoba resep Pandan Butter cake nya :), rencananya.. lebaran mau nyoba jual cupcake Pandan, kan kayanya wangi ya, dan pas ijo ijo sama nuansa lebaran hehe..

Resep Mba Hesti me sesuaikan sama bahan yang ada.

Bahan :
– 125 gr butter (me salah nih.. malah pake mentega putih T.T )
– 110 gr gula halus
– 3 butir telur
– 150 gr tepung terigu protein sedang + 1/2 sdt baking powder
– 60 ml susu ditambah 3 sdm pandan paste home made (  karena me ga ada pasta pandan homemade, jadi beli yg merek koepoe-koepoe : kurang wangiiii, lebih wangi pasti kalo pake pandan asli dan terlalu ijooooo T.T )
– 1/2 sdt vanili bubuk

Cara membuat :
Panaskan oven 180 C. Siapkan loyang brownies ( me pake loyang Roti ) dan oles mentega dan taburi tepung terigu.  me pake kertas roti.4
Kocokbutter, vanila dan gula halus sampai mengembang dan pucat. Tambahkan telur satu persatu sambil dikocok hingga rata.
Tambahkan separuh bagian terigu dan kocok dengan mixer kecepatan rendah.
Masukkan campuran susu evaporated dan pasta pandan lalu kocok asal rata, lalu berikut sisa tepungnya kocok asal rata.
Tuang ke dalam loyang lalu panggang sekitar 25-30 menit atau sampai tusuk gigi keluar dalam keadaan kering.

Pas udah jadi.. me baru ngeh.. loh kok me pake mentega putih ya (T.T)
Jadi, toko kue di kota ini, tiap me bilang mo beli mentega tawar ( bahasa indo nya unsalted butter kan ya.. ) selalu dikasihnya mentega putih, yang mana me baca-baca di buku resep, klo mentega putih itu shortening, dan beda sama mentega tawar..
Berbulan-bulan me pasrah aja, aja pake mentega putih sebagai mentega tawar.. sampai minggu lalu.. Nci-nci yang jaga toko ( beda sama yang biasa jaga nih ) ngasih me mentega tawar yang warnanya kuning.. (o.O)
Seneng pastinya.. akhirnyaaa.. toko sini mudeng yang saya maksud  hahaha.. tapi pas me balik ke toko itu besoknya dan minta mentega tawar sama ngko nya ( yang jaga lagi koko-koko ), dikasihnya mentega putih lagiiiiiiii… Jih aneh kan.. untungnya ada tonce, dia keluarin jurus bahasa hokkian, ngemeng mau beli mentega tawar kemaren bukan yang putih ini, tapi kuning kaya blueband harganya yang mahal sekian yang murah sekian sekilonya……………
Si ngkonya yang….. Ngotot kalo mentega tawar itu ya yang selama ini dia jual yang putih.. ngemeng punya ngemeng, dia mikir.. trus ngomong.. kalo yang harga sekian sekian adanya BUTTER.
(-.-“)
BUTTER itu bahasa inggris, bahasa indonesianya Mentega bukan ya hahahahhaah
Cuman gara-gara kita ngomongnya mentega tawar ( butternya emang hambar kan ) di kota sini taunya ya mentega putih.. ah saya pusing dah, kenapa buka resep sama yang jualan ngemengnya beda hahaha.. yang penting sekarang udah tau, unsalted butter = BUTTER hehehe..
Padahal kalo Elle vire ada tulisannya yg salted ato unsalted.. jebol donk ya kantong kalo jualan cake pake Elle vire, mau dijual berapa duit cakenya hahahaha dan siapa juga yang mau beli disini kalo mehong.
ini kenapa cerita kue jadi curhat miskom mentega ya.

Advertisements

One thought on “Baking : Pandan Butter Cake

  1. septi says:

    Makasih ci utk infonya heheheh…
    aku kebetulan lg mau nyoba2 buat kue, dan rada bingung utk bedain mentega biasa, butter dan kawan2nya..
    btw, butternya itu kuningnya yg rada lembek (lebih cair dr mentega biasa) bukan sie?? biasanya aku kalo buat nastar itu pake yg namanya rumbutter. Cuma aku bingung itu sama atau gk, mengingat cici bilang antara penjual dan buku beda nama 🙂

    Makasih

Hello :) thank you for reading..

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s