Baking : Lidah Kucing Rainbow

Resep menyusul.. tepar setengah idup, ntar pagi kudu naik kereta api pagi.. T.T
ah.. dan selamat 17 agustusan : Happy Birthday Indonesia, PLEASE be Better 🙂

Awalnya, me sama sekali ga tertarik bikin lidah kucing rainbow, karena di ‘racunin’ tonce terus, kalo dia tuh suka lidah kucing, bikin rainbow bagus loh, dll pokoknya membujuk dan menanamkan persepsi bakal seru kalo me bikin lidah kucing rainbow.. Yah akhirnya me luluh juga, ya abes masa suami mau dan kayanya gampang, kaga dibikinin.. Berbelok arah baking dari kue sus ke lidah kucing deh..

Pas pertama bikin… Eh sukses.. :D, tapi warnainnya lamaaaaa karena adonan dari resep pertama agak encer, dan kepo juga pake spuit kecil, klo ga pake spuit mbleber soale.. Kira-kira udah bikin 7 toples dari resep pertama, me googling nyari resep lain, kombinasiin beberapa resep ( baca : cari gampang :p ) ehhh.. adonan kali ini kentel, terus ga pake spuit juga bisa, jadi lebih hemat waktu buat cetak ke loyangnya.. Me itung itung, kurang lebih 3 jam, me bisa bikin 3-4 toples hehehe, daripada pake resep pertama, yang 6 jam jadi 3 toples T.T

Terus, kalo masalah enaknya..sama-sama enak kok, selera sih, kalo tonce lebih seneng resep kedua, soale pake susu, jadi lebih wangi. Nah kalo me yang ga suka bau susu, yah lebih seneng resep pertama 🙂 tapi karena resep kedua lebih praktis waktunya, tentu pemenangnya resep kedua hihihihi.. Win-win solution kan 😀

Berhubung ngetiknya bukan di pc, dan link sumber di pc, me lampirkan belakangan link sumber resepnya ya ketika daku pulang balik ke kampuang 😀

Bahan :
200 gram butter + 50 gram blueband
150 gram gula tepung
175 gram tepung terigu protein sedang + 50 gram tepung terigu protein rendah
25 gram susu bubuk full cream
1 sdm susu kental manis
1/2 sdt vanilli essence
1/4 sdt baking powder
75 gram putih telur
Pewarna makanan merah, kuning, hijau, biru ( orange + ungu )
Note orange bisa jg dr merah + kuning perbandingan 1:2, ungu dari merah + biru perbandingan 2:1

Cara membuat :
1.Ayak tepung terigu,susu bubuk dan baking powder jadi satu, sisihkan.
2.Ayak gula tepung, kemudian kocok mikser dengan butter + bluband + susu kental manis + vanilli, sampai berwarna kuning muda dan bertekstur mirip buttercream.
3.Masukkan putih telur sambil terus di kocok mikser sampai rata dan mengembang.
4.Masukan tepung dkk, aduk sampai rata dengan mikser kecepatan rendah, sebentar saja, lalu me aduk dengan spatula sampai benar benar rata. 🙂
5.Bagi menjadi 6 adonan sama rata, kalo me, takarin pakai scoop ice cream biar sama rata baginya.
6.Masukkan dalam plastik segitiga, masing masing satu plastik
7.Jangan lupa, oleskan margarin ke loyangnya, me kmrn smpt kelupaan, lengket, pas mo di angkat patah patah huhuhu
8.Suhu oven menurut berbagai resep sih 150 dc, selama kurang lebih 15 menit. Tapi kmrn me berkali kali berakhir gosong.. Kayanya mesti mengenal oven masing masing ya, me sendiri di suhu 150 5 menit pertama, dan turun ke suhu 100-120 untuk 5 menit berikutnya, iya me cuma 10 menit oveninnya dan matang cantik 😀
Selamat mencoba 🙂

Sumber Resep di NCC Rainbow Week modif by Meinina

Baking : Pandan Butter Cake

Jadi.. setelah tonce sukses dengan resep roti dari blog mba Hesti 
Me nyoba resep Pandan Butter cake nya :), rencananya.. lebaran mau nyoba jual cupcake Pandan, kan kayanya wangi ya, dan pas ijo ijo sama nuansa lebaran hehe..

Resep Mba Hesti me sesuaikan sama bahan yang ada.

Bahan :
– 125 gr butter (me salah nih.. malah pake mentega putih T.T )
– 110 gr gula halus
– 3 butir telur
– 150 gr tepung terigu protein sedang + 1/2 sdt baking powder
– 60 ml susu ditambah 3 sdm pandan paste home made (  karena me ga ada pasta pandan homemade, jadi beli yg merek koepoe-koepoe : kurang wangiiii, lebih wangi pasti kalo pake pandan asli dan terlalu ijooooo T.T )
– 1/2 sdt vanili bubuk

Cara membuat :
Panaskan oven 180 C. Siapkan loyang brownies ( me pake loyang Roti ) dan oles mentega dan taburi tepung terigu.  me pake kertas roti.4
Kocokbutter, vanila dan gula halus sampai mengembang dan pucat. Tambahkan telur satu persatu sambil dikocok hingga rata.
Tambahkan separuh bagian terigu dan kocok dengan mixer kecepatan rendah.
Masukkan campuran susu evaporated dan pasta pandan lalu kocok asal rata, lalu berikut sisa tepungnya kocok asal rata.
Tuang ke dalam loyang lalu panggang sekitar 25-30 menit atau sampai tusuk gigi keluar dalam keadaan kering.

Pas udah jadi.. me baru ngeh.. loh kok me pake mentega putih ya (T.T)
Jadi, toko kue di kota ini, tiap me bilang mo beli mentega tawar ( bahasa indo nya unsalted butter kan ya.. ) selalu dikasihnya mentega putih, yang mana me baca-baca di buku resep, klo mentega putih itu shortening, dan beda sama mentega tawar..
Berbulan-bulan me pasrah aja, aja pake mentega putih sebagai mentega tawar.. sampai minggu lalu.. Nci-nci yang jaga toko ( beda sama yang biasa jaga nih ) ngasih me mentega tawar yang warnanya kuning.. (o.O)
Seneng pastinya.. akhirnyaaa.. toko sini mudeng yang saya maksud  hahaha.. tapi pas me balik ke toko itu besoknya dan minta mentega tawar sama ngko nya ( yang jaga lagi koko-koko ), dikasihnya mentega putih lagiiiiiiii… Jih aneh kan.. untungnya ada tonce, dia keluarin jurus bahasa hokkian, ngemeng mau beli mentega tawar kemaren bukan yang putih ini, tapi kuning kaya blueband harganya yang mahal sekian yang murah sekian sekilonya……………
Si ngkonya yang….. Ngotot kalo mentega tawar itu ya yang selama ini dia jual yang putih.. ngemeng punya ngemeng, dia mikir.. trus ngomong.. kalo yang harga sekian sekian adanya BUTTER.
(-.-“)
BUTTER itu bahasa inggris, bahasa indonesianya Mentega bukan ya hahahahhaah
Cuman gara-gara kita ngomongnya mentega tawar ( butternya emang hambar kan ) di kota sini taunya ya mentega putih.. ah saya pusing dah, kenapa buka resep sama yang jualan ngemengnya beda hahaha.. yang penting sekarang udah tau, unsalted butter = BUTTER hehehe..
Padahal kalo Elle vire ada tulisannya yg salted ato unsalted.. jebol donk ya kantong kalo jualan cake pake Elle vire, mau dijual berapa duit cakenya hahahaha dan siapa juga yang mau beli disini kalo mehong.
ini kenapa cerita kue jadi curhat miskom mentega ya.

16.. 8 months :)

Happy 8 Months Hubby
we are one team  now, keep Going 🙂
Shabby Princess Promise collection
Shabby Princess Sweet serenity
Shabby Princess Festival
Daydreams & Wishes Rd Trip Scraps By Andrea
Shabby Blogs Madelyn Kit 
Everyday moment paper special Angie Briggs
Thaty Borges Words of Love

Dadakan lebaran

Kemarin mertua nelpon suruh ‘turun’ gunung ke Medan. Ama nya tonce ulang tahun pas sama hari Lebaran tahun ini. Dari yang planningnya seminggu ini semedi bikin lidah kucing, jadi ganti haluan mesti buru-buru karena besok pagi udah ‘turun gunung’ ( kaya pertapa aja disini hahahaha )
Kayanya si ga sempet nulis resepnya dulu.. yah ntar sore kalo sempet me tulis deh, biar ga lupa.. Mana dari kemarin cuma sempet liat-liat baca-baca sekilas, ga sempet menelaah info-info dunia persilatan.
Jadi…
Yah, nanti saya akan kembali.
TO do List hari ini :

  • kolang kaling
  • Lidah kucing
  • kue Sus

*renggangin pinggang*