Kapan hamil?

Kapan hamil?
……

Buat yang udah merid dan memang mengharapkan cepet-cepet hamil, pasti beteee kalo ditanyain pertanyaan ini. Me dan tonce termasuk bukan yang pengen cepet-cepet hamil, menunda bahasa halusnya. Jadi harusnya kita ga bete donk? yahhh.. sampe saat ini kalo yang nanya tulus sih kaga bete, tapi kalo nanya kepo si..*buk bak buk..

Ngapain sih di tunda-tunda?
mari kita hitung-hitungan kasar.
Pertama ya, kita baru merid, baru pindah ke kota lain pulau.. Manja amat, yang pindah lebih jauh sampe luar negri juga banyak kali.. Ya situ deh yang pindah sini. Kira-kira bertanggung jawab ga kalau u hamil tapi u ga cek ke dokter? Kita bener-bener buta tentang hamil,dokter anak dan sebagainya disini. Okelah kalo misalnya anak kedua, udah ada pengalaman anak pertama, ini calon anak pertama, masalah kesehatan, dokter yang bisa di ajak konsul, bener-bener jadi pertimbangan. Malah sempet kepikiran kalau nanti hamil lahirannya mau di jakarta atau di medan aja ( ato penang ato singapore *sekalian yuk ke paris me )

Kedua, biaya lahiran di jakarta itu tinggi coy. Coba ya diitung, beberapa tahun lalu saat keponakan lahir di Pik, Normal, kalo ga salah ampir 20 jeti.. itu apa bukan duit? kalo sebulan bisa nabung 1 jt, berarti butuh 20 bulan buat nabung biaya lahiran. Belum biaya check bulanan ke dokter, USG yang setidaknya butuh sediain duit 500rb amannya. Belum susu, vitamin, dll pas hamil. Taruhlah 500rb sebagai biaya kesehatan selama hamil 9 bulan : 4.5 jt.

Ketiga, memang ada RS lain yang biayanya ga setinggi itu, seperti RS Tzu Chi, yang kalo lahir normal sama bidan sekitar 2 jt-an. Yang mana berarti ‘cukup’ 2 bulan nabung 1 jt, tapi buat ke jakarta butuh biaya kan? abis lahiran mau tinggal dimana? Terus, itu perlengkapan bayi belinya pakai duit kan? mana lucu-lucu pula, mana ada orang tua yang kaga pingin dandanin bayinya sebagai yang terlucu, terimut dan tercakep. Cukup ga ya 5jt? Every parents wants the Best for their children.

Keempat, kalo lahiran di medan atau disini, otomatis mertua or nyokap bakal kesini bantu ngajarin me di bulan-bulan pertama. Mertua juga bantu jagain cucu-cucu dijakarta, apa bisa kesini? rasanya berat ya. Gimana cerita cucu-cucunya di jakarta. Nyokap? 11-12 donk, cucu pertama dari anak pertama, dirinya pasti grogi berat, daaaann.. jujur gw kaga tega minta tolong mertua or nyokap buat jauh-jauh dateng kesini. gw yang masih muda aja pegel naik pesawat 2 jam lanjut kereta 6-7 jam, gimana cerita mereka.. Kesini juga bukan di ajak jalan-jalan, tapi ngedekam di rumah bantuin megang cucu..

Kelima, rencana pendidikan. Kita memang plan sebisa  mungkin sejak dini nabung utk biaya pendidikan anak, kaan sekarang banyak asuransi dan tabungan pendidikan. Kita ga pernah tau masa depan tapi apa salahnya berjaga-jaga untuk biaya anak.

Kelima, apa kabar itung-itungan budget nya? hapus rencana liburan donk? *geleng-geleng kepala.. Ntar dulu deh yah, nunggu sebulan bisa nabung banyakan, daaaan gw ga perlu jelasin detail kan ke satu-satu org yang nanya kalo gw masi banyak tanggungan lain..

Tiap anak mah ada rejekinya..
Oh bener banget, me ga memungkiri kok, kita mo merid aja ada aja rejekinya.. tapi, kalo memang belum siap secara finansial dan batin, masa nekad selonong bikin anak, duit ga turun dari langit kan? Apa kabar masa bikin anak enak-enak berdua, abis lahiran gw berdua bebanin ke ortu? Tiap anak juga punya tanggung jawab untuk membahagiakan orang tua, salah satunya yah, jangan nyusahin orang tua. Lain kalo : ” Oh tenang sajaaa semua mami sama papi yang bayar..” atas inisiatif orang tua dan memang sebenernya kita mampu bayar, bukan karena ortu kasian anaknya ga mampu bayar jadi di bayarin.

Kalau nunggu ada duit mah, manusia mana pernah puas, selalu ga cukup..
Yap, 100 buat situ, manusia memang ga pernah puas, tapi saya cukup bersyukur dengan keadaan saat ini, tapi apakah cukup untuk punya anak? Tiap pasangan punya standar hidup atau setidaknya cita-cita kehidupan seperti apa.. Tolong ya gw juga kaga muluk pengen punya Ferrari atau Alphard sebelum punya anak, atau punya tas hermes dulu deh, kaga ya. Kalo dikasi rejekinya ya siapa yang mau nolak, tapi definisi cukup buat gw, gini, Gw pengen tas fossil aja nih, atau cambridge sacthel atau si LV yang speddy ( kok makin mahal tasnya :p ) pake mikirrrrrr,dan belom kebeli sekarang hahahaha buat gw prioritas skrg bukan itu. Jadi cukup adalah, dimana kebutuhan prioritas gw dan tonce tercukupi, cukup untuk tersier dikit la buat gw, Gadget buat tonce (i know he wants samsung galaxy III ). Itu saat ini.
Sedikit melenceng saya beli tas br 4x dalam hidup ( tas sekolah ga diitung ya ) tas pertama 60rb, tas kedua 200rban buat sangjitan, tas ketiga dan keempat 300rban itu kmrn pas ke spore beli cath kidson. Dulu biasa aja ya sama tas, tapi setahun terakhir mata kok naksir tas aja bawaannya.. Ngeces liat tas fossil di penang, alamak 3jt, bonia ku taksir ehhh 1 jt, hmmmm dikasih si sama tonce kalo mau beli, tapi hati ini meringis, mak, duit cashnya aja deh ( jiwa masi berasa kere sangat, masih kaga iklas beli tas mahal-mahal, tapi ga minat-minat juga sama kw-kwan ) ada yang mau kadoin ga? saya bulan depan ulang tahun? ( ngarep vlen baca tergerak jiwa dan dompetnya )

Jadi nunda sampai kapan?
1. Sampe kita berdua siap secara Jasmani ( eh jasmani mah uda siap dari kapan ya hahaha ), rohani, batin dan finansial.
2. Siap secara batin untuk melepas kesenangan hedon kalo misalnya duitnya ngepas ( eh saya ngarepnya lebih tapi, jadi hedon bisa juga la hahahaa ).
3. Siap memberikan contoh yang baik ( goodbye young me, pretends to be adult at least until the next 22 years ).
4. Yaaaah tahun 2013 pertengahan deh baru program, itu kalo 3 option di atas uda aman hahahaha

Panjang ya jawabannya, laen kali ada yang nanya me copas aja deh ni hahaha.

Cheers,
me chan

Advertisements

Hello :) thank you for reading..

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s