Sunday Afternoon

Jaman kuliah dulu, ada satu mata kuliah favorit tapi menjebak..
menjebak, soalnya jadi mata kuliah di semester pertama yg gagal, dan klo ga salah hampir 3/4 kelas kaga lulus..
SSRD : Sejarah Seni Rupa Dunia

Sebagai pencinta sejarah, dari sd, nilai yang kaga boleh jelek sama nyokap adalah pelajaran IPS ( sejarah ) dan bahasa inggris.. biasanya kalo kenaikan kelas kan disuruh baca baca dulu pelajaran baru biar ada bayangan, nah, buku pelajaran yang pertama dibuka : sejarah hahahaa bisa di bilang, buku sejarah adalah buku paling buluk, buku yang bakal tetep bagus sampe akhir cawu / semester : buku matematika hahaha

Nah, setiap kelas SSRD ini ( duh pak yassir asik banget ngajarnya : menurut me loh ya ) selalu dinanti nanti, pokoknya me semangat 45. Di kasi slideshow isinya sejarah mesopotamia, mesir, romawi, sampe lukisan lukisan da vinci.. Lah kenapa bisa kaga lulus? itulah dieeee… ada tugas pengantar sebelum ujian, disuruh bikin timeline dari jaman sebelum masehi sampe abad ke.. ( lupa juga, pokoknya sesuai pelajaran kita abisnya sampai abad keberapa )
Terus, di ujiannya itu, inget banget ye, selalu ada soal gambar.. dimana intinya gini : kalo u bikin timeline, pasti u pernah liat itu patung/lukisan/bangunan.. inget si inget, tapi alangkah mojrotnya ngapalin Nama/judul lukisan, alirannya, tahun keberapa dibuatnya, oleh siapa, bikin deh tuh jadi essay serasa ahli sejarah sejati hahaha yang pasti suka kejebak ( 2 sesmeter ada pelajaran ssrd1 dan ssrd2 ) antara nebak-nebak, keluar lukisan yang mana ya.. pastinya Monalisa si da vinci kaga bakal dikeluarin hahahahha Nah dari segambreng ‘artist’ dari masa ke masa, tentunya, me kecantol dan jatuh hati sama karyanya..

Salah satunya ini :

‘A Sunday Afternoon on the island of la Grande Jatte’ George Seurat
Aliran Pointilisme..
Jadi itu lukisan bukan terdiri dari garis, tapi titik titik kecil.. nah, me pernah dapet tugas dulu bikin pointilis, mampuuuuuusss mata mo merem aja yang keliatan titik titik aja hahahaha untung selesai itu pointilis 😀
kenapa lukisan ini yang nempel di otak?
Pas ujian keluar soalnya hahaha, licu yang duduk di sebelah, kedip kedip ke me, me juga, sama-sama tau ini lukisan soalnya, nempel di otak gara gara ngebayangin, itu si om George Seurat ngelukisnya sih sadis banget, kita sih ogah bikinnya, mana warna warni begitu 😀 yang pointilis pake ‘pen apa lupa namanya’ udah keder..

Starry Starry night om van gogh, tentu nyantol.. Persistence of memory -nya Salvador dali juga nyantol.. the lady with parasol Monet, sukses bikin ngidam punya taman ala lukisan monet lainnya
yang berkesan dihati?

‘the Swing’ Jean.H.Fragonard..
Yah.. i am a hopeless romantic person.. kalo bahasanya cayla si, ‘ii, princesssss..’
Terimakasih kepada komik Rose of versailles yang ternyata udah meracuni alam bawah sadar dengan gaya rococo ini.
Liat lukisan masa rococo, asik banget kayanya, indah indah gitu.. tapi emang si, jaman rococo ini bisa di bilang, jaman hedon, beda sama jaman renaissance yang lukisannya banyak mengangkat tokoh religius.

Ya 🙂 kuliah desain ada banyak manfaatnya: salah satunya, bikin cita cita ke museum Louvre paris dan florence.. sihiyyy dah, moga moga suatu saat nanti kesampean *sambil ngebayangin berdiri didepan karya karya seni yang bikin mikir, gimana sih ni orang bikinnya, kok bagus bener hahahaha

Advertisements

2 thoughts on “Sunday Afternoon

Hello :) thank you for reading..

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s