Baked Macaroni

Ini favorit banget buat tony, sampe melotot lotot mendelik delik pas dirinya minta dibikinin ketiga kalinya dalam 2 minggu.. n yang pelitnya lagi, kaga boleh loh itu me bagi bagi.. haizzz.. kalo kue boleh.. lagian kalo bikin kue kan emang banyak jadinya.. kalo ini katanya dikit, jadi khusus jatah dirinya aje..

Ini resep dari tabloid Nova ( iyeee sejak pindah rantau prapat saking ga ada majalah, buku, bosen browsing, sampe niat beli tabloid masak2an.. ) edisi berapa udah ga tau, soalnya resepnya me gunting hahahaha
Kalo kaga salah, ini resep aslinya dari pemilik roemah Kue ( kalo gak salah namanya sih itu 😀 )

Hasil panggangan kedua gak sempat difoto 😀

Basic resep nya ini :

250 gram Macaroni ( me nyoba pake conchiglioni juga 🙂 )
2 sdm Margarin utk menumis
2 siung bawang putih, cincang ( kalo me biasa pake 3 or 4, krn emang tony penggila bawang -.-” )
100 gram Bawang Bombai
150 gram Kornet ( yg mana kita ga gitu suka, jadi di ganti ayam, crab meat dan tofu meat hehee )
250 gram jamur kancing, potong tipis tipis ( kalo kita ganti pakai brokoli secukupnya * biar ada serat dikit)
4 butir telur
200 ml susu cair ( entah kenapa kita merasa kurang ngerendem, jadi selalu me tambah 150-200 ml lagi )
125 gram keju cheddar parut
1/2 sdt garam
1/2 sdt pala bubuk
1/2 sdr merica bubuk

Cara membuat :

1. Rebus macaroni dengan sedikit garam ( me + minyak dikit ), tiriskan.
2. Tumis si bawang putih, bawang bombay sampai harum
3. Masukkan kornet dan jamur ( atau bahan lain yang dipakai : ayam, brokoli, dll ) aduk rata. angkat, sisihkan.
4. Kocok telur hingga tercampur rata, masukkan keju parut, aduk rata.
5. Masukkan tumisan daing dan macaroni aduk sampai rata. Tambahkan garam, pala bubuk, merica, aduk sampai rata ( kalo kemarin, me selalu bikin agak ‘ kenceng’ rasanya, soalnya nanti dicampur susu bakal jadi agak hambar )
6. Olesi bagian dasar loyang tahan panas dengan margarin.
7. Masukkan adonan ke dalam loyang, panggang dalam oven dengan suhu 180 derajat celcius sampai matang dan permukaan makaroni berwarna kuning kecoklatan.
8. Angkat dan sajikan panas panas..

Notes:
kalau ada yang baca dan mungkin ngeh dan bingung, kapan masukin susunya? samaaaa… me juga bingung hahahahha pas mau manggang, Loh? ini susu diapain? di baca ulang resepnya.. tetep kaga kebaca kapan itu susu mesti di digunakan dan di apain..
Akhirnya, karena nekad ( iyee masak emang modal nekad deh ) me tuang aja tuh susu di adonan yang uda nyaris me panggang, terus aduk2.. eeeeh kok macaroni nya gak kelelep susu ya? perasaan kalo dulu dikasi macaroni panggang sama ii merry or dewi, pasti kelelep macaroni dalam adonan.. *mikiiiirrrr.. ya wes, ku tuang lagi susu ke adonan sampe kelelep hahahaha sekitar 150 ml lagi ada itu 🙂
Dipanggang ada 40 menitan ya.. Akhirnya? sukses bikin tony nagih lagi dan lagi.. *bangga

Pas bikin yang kedua kali, baru me nyoba pakein brokoli sisa di kulkas hahaha yang mana bikin tony makin nagih lagi -.-” duuuhhh… langsung di todong bikin lagi pake brokoli pas loyang kedua abis..
Hari ini loyang ketiga nyaris abis.. dan udah di lirik-lirik lagi minta lagi..

” yank, pan masih ada quaker tuh.. udahhh gantian makan quaker dulu, jangan makaroni panggang terus ya “
… dibalas dengan tatapan memelas.. duh.. tar bikin pake toge nihh ( aneh kali ya rasanya hahahaha )

me chan

Advertisements

2 thoughts on “Baked Macaroni

  1. Renie Lie says:

    Waaah baked maccaroni. Waktu masih di rumah juga suka banget buat baked maccaroni tapi biasa aku pake daging ham/maling/sosis.

    Iya kl susu 200ml kurang,aku suka tambah lg hehehe,kl.telur malah aku lbh banyak pakenya 6 butir

    Jd ngiler mau bikin jg hehehe

Hello :) thank you for reading..

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s